Bu Min Ingin Dinkes Intens Lakukan Sosialisasi UHC Kepada Masyarakat

oleh -473 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Berkunjung ke Puskesmas Kebomas, Kabupaten Gresik, Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah ingin agar pelayanan kesehatan melalui program Universal Health Coverage (UHC) diaplikasikan optimal. Hal ini supaya dapat menjangkau seluruh masyarakat terutama di sekitar kecamatan Kebomas.

Wabup yang akrab disapa Bu Min juga memastikan bahwa Puskesmas Kebomas siap baik dari segi tenaga kesehatan maupun mekanisme pelayanan. “Tolong masyarakat dilayani dengan baik, saya ingin mekanisme pelayanan dan nakes sudah siap terjun,” kata wabup, Kamis (02/02/2023).

Bu Min melanjutkan, kesiapan nakes dan mekanisme harus sesuai, sehingga penerapan UHC yang bertujuan menjamin kesehatan. Selain itu juga memastikan setiap warga memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan secara promotif, preventif, kuratif rehabilitatif dapat terlaksana maksimal.

“UHC ini bertujuan untuk memberikan akses dan kemudahan kepada masyarakat kita, karena kesehatan merupakan hak dasar bagi masyarakat,” kata Bu Min.

Lebih lanjut, Bu Min berharap agar seluruh pihak terutama pelayan kesehatan turut serta mensupport program UHC ini. Dijelaskan wabup, UHC dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki KTP. Bagi yang belum memiliki KTP dapat menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga sebagai syarat untuk berobat.

Ia meminta kepada dinas kesehatan dan pihak terkait untuk intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang UHC. Sehingga dalam pelaksanaannya benar-benar dapat dimanfaatkan dan diakses oleh masyarakat.

Baca Juga:  Alumni Smansa Gresik 1998 Berbagi di Momen Ramadan

“Ini harapan saya untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Untuk selanjutnya, saya kira evaluasi-evaluasi dan koordinasi terutama yang berkaitan dengan sinkronisasi,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.