Teladani Para Ulama, Presiden PKS Sowan ke Ponpes Tebu Ireng Sekaligus Ziarah Makam KH Hasyim Asyari dan Gus Dur

oleh -1038 Dilihat

JOMBANG.SabdaNews.com – Berharap nasihat dan doa dari ulama, Presiden PKS Ahmad Syaikhu berkunjung ke Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Minggu (27/11/2022).

Menurut Ahmad Syaikhu, kedatangan rombongan PKS ke Ponpes Tebu Ireng dalam rangka mempererat silaturahim dengan para alim ulama, sesepuh dan tokoh pondok pesantren.

“Kami sekaligus memohon doa dan nasihat agar kami bisa diberi kekuatan dan konsistensi yang senantiasa berikhtiar memperbaiki tatanan negeri ini,” ujar Ahmad Syaikhu.

Menurutnya, membangun Indonesia tidak bisa sendirian, perlu kebersamaan dan arahan para alim ulama, tokoh sepuh khususnya ulama dari Ponpes Tebu Ireng.

“Tebu Ireng ini poros penggerak peradaban di Indonesia. Kita semua tahu Resolusi Jihad dikeluarkan oleh Mbah Hasyim Asy’ari,” ujar Syaikhu.

Ia mengakui PKS masih banyak kelemahan di sana-sini. Karenanya Ahmad Syaikhu ingin bersama-sama dengan banyak elemen bangsa mewujudkan berbagai kebaikan untuk negeri Indonesia.

Rombongan PKS disambut langsung oleh pengasuh Ponpes Tebu Ireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau yang kerap dipanggil Gus Kikin.

Dalam sambutannya, Gus Kikin berharap kedatangan presiden PKS ke Ponpes Tebu Ireng bisa membawa manfaat dan diridhoi Allah SWT.

“Kami ini melanjutkan perjuangan KH Hasyim Asyari. Beliau selalu menekankan dua hal, yaitu menjaga keilmuan dan silaturahim. Kedatangan PKS saat ini cocok dengan pesan beliau,” tegas  Gus Kikin.

Menurutnya, nasib bangsa Indonesia harus menjadi PR yang harus dipikirkan bersama.

Baca Juga:  Hormati Para Pendahulu, Gus Yani Dan Bu Min Bersama Jajaran OPD Gresik Ziarahi Makam Para Auliya'

“Silaturahim ini, dalam rangka menyamakan langkah bersama untuk bangsa. Kebersamaan ini harus ada tindak lanjutnya, dalam rangka berbuat yang terbaik untuk Indonesia,” harap Gus Kikin.

Usai sowan Gus Kikin, rombongan presiden PKS melanjutkan kegiatannya dengan ziarah makam KH Hasyim Asy’ari, KH Abdurrahman Wahid dan KH Sholahuddin Wahid. Sebelum berziarah, rombongan PKS melakukan tahlil bersama-sama yang dipimpin oleh Gus Mirza.

Setelahnya, Ahmad Syaikhu yang ditemani Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan melakukan tabur bunga ke makam KH Hasyim Asyari, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan KH Sholahudin Wahid atau Gus Sholah.

“Ketiganya adalah ulama pejuang yang punya jasa besar terhadap NKRI. Kami ingin meneladani beliau-beliau itu,” tegas Ahmad Syaikhu.

Menurutnya, dengan melakukan ziarah ke ulama dan tokoh bangsa dapat memberikan semangat perjuangan tersendiri. “Mohon doanya agar PKS tetap istiqomah dan konsisten,” kata Ahmad Syaiku.

Sementara itu Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan menambahkan, bahwa ziarah ke makam para ulama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pengurus PKS.

“Tahun ini, pengurus PKS Jatim  ziarah wali limo, sebelumnya, kami melakukan ziarah ke makam Syaikhona Cholil Bangkalan. Bagi kami ziarah makam para ulama memberi spirit tersendiri,” aku Irwan. (tis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.