SD Mugeb Dinobatkan sebagai Juara I Sekolah Terbersih dan Ternyaman di Kota Santri Gresik

oleh -475 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Keluarga Besar SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) Gresik sedang diliputi rasa syukur mendalam usai sekolah penggerak tahap I ini panen prestasi di ujung tahun 2022.

Betapa tidak, sekolah ini dinyatakan meraih juara I kategori utama Sekolah Terbersih dan Ternyaman pada Lomba Lingkungan Sekolah Muhammadiyah Sehat (LLSMS). Ajang bergengsi ini digelar Majelis Dikdasmen dan Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik.

Sebelumnya, di matalomba serupa, sekolah ini juga meraih penghargaan tertinggi Outstanding School dalam ajang Muhammadiyah Education (ME) Awards 2022 Special Edition. Lomba ini digelar Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Sabtu (8/10/2022).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Agus Suprayitno SPd mengungkap, setelah dikunjungi oleh tim juri LLSMS, pihaknya  optimis SD Mugeb bisa masuk (juara) dalam kategori ini, karena kita sudah mengikuti lomba Muhammadiyah Future School (MFS) dan alhamdulillah masuk kategori Outstanding.

“Diantara lomba MFS dan LLSMS ini, pada dasarnya ada dua poin penilaian yang sama. Ada unsur green (penghijauan) and clean (kebersihan),” terang Agus, sapaan akrab Agus Suprayitno SP.d, Sabtu (10/12/2022).

Agus juga mengungkap, pihaknya tidak ada persiapan khusus dalam mengikuti lomba LLSMS ini. Karena kebersihan dan kenyamanan di SD Mugeb sudah menjadi prioritas yang melekat demi keberlangsungan proses internal pembelajaran siswa SD Mugeb.

“Prestasi ini sudah terbukti. Anak-anak dibuat kerasan. Mereka tidak lekas beranjak pulang karena masih asyik menikmati fasilitas lapangan futsal, perpustakaan, kolam ikan, maupun taman flora dan fauna,” urainya.

Baca Juga:  Komisi E DPRD Jatim Berharap Program RRJS Jangan Hanya Ceremonial  

Atas raihan membanggakan ini, Kepala SD Mugeb Mochammad Nor Qomari  S.Si mengucap syukur Alhamdulillah SD Mugeb meraih juara I dalam Lomba Lingkungan Sekolah Muhammadiyah Sehat 2022.

Di mata Cak Ari, sapaan akrabnya, capaian juara ini hanya bonus dari upaya keluarga besar SD Mugeb konsisten menjadikan sekolah ini sebagai tempat belajar yang bersih, rapi, nyaman, dan rindang. Di mana inilah modal dasar SD Mugeb sebagai sekolah Ramah anak.

“Jadi bukan semata-mata SD Mugeb ingin meraih juara I, tapi kebutuhan terhadap lingkungan bersih dan nyaman itu yang utama,” ujarnya.

Di samping itu, pihaknya ingin menjadi inspirasi bagi sekolah/madrasah lainnya. “Bahwa nilai-nilai Islam berupa kebersihan, kerapian, dan kenyamanan harus benar-benar diwujudkan agar nantinya anak-anak yang belajar lebih kerasan. Feel at home, merasa SD Mugeb sebagai rumahnya sendiri,” imbuh Ketua Forum Silaturahmi Kepala Sekolah/Madrasah Muhammadiyah (Foskam) Gresik itu.

Cak Ari berharap, capaian ini menjadi motivasi keluarga besar SD Mugeb. “Sekaligus terus mengawal kita terus konsisten menjadikan sekolah ini sebagai tempat belajar yang bersih dan nyaman,” tambahnya.

Selain SD Mugeb, lima sekolah lainnya juga meraih penghargaan kategori utama ini. Kelima sekolah tersebut masing-masing SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) meraih juara II, SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School) Gresik meraih juara III, SMP Muhammadiyah 12 GKB (Spemdalas) Gresik meraih juara harapan I, SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (SD Almadany) Kebomas meraih juara harapan II, dan SD Muhammadiyah 1 Wringinanom (SD Muwri) meraih juara harapan III. (Cak Ari/Red)

Baca Juga:  Pimpin Upacara Harkitnas 2024, Pj. Sekdaprov Jatim Ajak Generasi Muda Kuasai Teknologi Untuk Songsong Indonesia Emas 2045

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.