PWNU Jatim Ziarah Muassis, PBNU Tasyakuran, Di Tebuireng

oleh -402 Dilihat

SabdaNews.com – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim menggelar acara Ziarah Muassis NU sebagai pijakan utama dalam meneruskan perjuangan para masyayikh. Kegiatan digelar pada Kamis (16/2/2023) adalah menziarahi makam Hadratussyeikh KH M Hasyim Asy’ari, KH Abdul Wahab Hasbullah, dan KH Bisri Syansuri.

Kegiatan Ziarah Muassis NU akan berakhir di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Di tempat ini pula pada malam harinya, digelar Tasyakuran Peringatan Satu Abad yang dihadiri Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

“Ziarah ke muassis ini sebagaimana rutinitas kita pada saat Harlah NU. Apalagi ini bertepatan dengan satu abad. Rutenya kami akan ziarah ke Mbah Wahab, Mbah Bisri, Mbah Hasyim, kemudian sekalian gabung dengan agenda PBNU di Tebuireng, yaitu Tasyakuran 1 Abad NU,” kata Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam.

Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang ini mengungkapkan, bahwa ziarah muassis adalah momen untuk kembali mengingat tujuan utama pendirian Nahdlatul Ulama, yang selanjutnya menjadi pijakan generasi penerus di era ini dalam berkhidmah.

“NU ini isinya para ulama bahkan auliya. Tentu sambil ziarah kita mengingat kembali motivasi apa yang membuat beliau mendirikan NU. Kemudian kita renungkan bersama sebagai pijakan utama dalam meneruskan perjuangan para muassis,” ujarnya.

Pada bagian lain, Gus Salam berharap dari agenda ini para pengurus NU bisa menjaga khidmah dengan keilmuan dan sebagai wadah untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan antar ulama maupun dengan umat.

Baca Juga:  Resmikan Kantor Baru MUI, Bupati Gresik Sebut Ulama dan Umara Mempunyai Peran Strategis dengan Pemerintah

“Ini juga sebagai pengingat kita bahwa khidmah di NU harus dilakukan dengan ikhlas dengan komitmen dan tujuan utama yaitu melayani umat di semua aspek kehidupan untuk mendapatkan ridha Allah. Sehingga tidak ada tujuan lain yang sifatnya pribadi apalagi sampai mengorbankan amanah yang diemban,” tuturnya.

Tasyakuran Satu Abad NU

Sementara itu, kegiatan ziarah muassis PWNU Jatim akan bergabung dengan kegiatan PBNU di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Kamis malam. Akhir ziarah muassis PWNU Jatim pun di Makam KH M Hasyim Asyari.

Sedangkan agenda PBNU antara lain, Istighotsah dan Tahlil di Maqbaroh PP Tebuireng serta Tasyakuran 1 Abad NU. Istighotsah & Tahlil dipimpin KH Masduki Abdurrohman Al Hafiz dan KH. Muhammad Idris Hamid.

Acara dihadiri Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf, yang menghadirkan lantunan Sholawat Asyghil bersama empat pelantun cilik, antara lain, Azzam Nur Mukjizat, Majda, Yasmin Najma Falihah, dan Sayed Hasan Syauqi Alaydrus.

Hadir pula Mustasyar PBNU KH. Ahmad Mustofa Bisri, KH Nurul Huda Djazuli, KH. Husein Ilyas dan Habib Zein Bin Hasan Baharun.

Menurut rencana, Tasyakuran Satu Abad NU dipandu KH. Anwar Iskandar, Wakil Rais Aam PBNU. Yang menarik, adalah sambutan Rais Aam PBNU KH. Miftachul Achyar, doa bersama para masyayikh, antara lain, KH. Anwar Manshur, KH. Syukron Makmun, KH. Mudatsir Badrudin, KH. Afifuddin Muhajir, KH. Masduqi Abdurrohman Alhafiz, dengan pemandu acara Ahmad Farikhul Badi’. (pun)

Baca Juga:  Gubernur Khofifah: NU Miliki Potensi Besar Terhadap Kebangkitan Ekonomi Umat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.