Pengembangan Kampung Wisata Edukasi Kampoeng Songo Surabaya,, Institut Tehnologi Telkom Surabaya Menerapkan Menerapkan Tehnologi Surya Cell Dan Hidroponik

oleh -308 Dilihat

Oleh  : Luckman Hakim

SabdaNews.com- Kampoeng Songo tepatnya di RT. 09 RW. 03 Kelurahan Simomulyo Baru Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya, merupakan salah satu kelurahan yang menerapkan Urban Farming, mempotensialkan lahan sempit untuk ditanami tanaman dan sayur-sayuran dengan teknik Hidroponik, yakni sebuah cara tanam dengan memakai bantuan air dengan pemenuhan pada kabutuhan unsur hara dan nutrisi bagi tanaman.

Di Kampoeng Songo terdapat berbagai tanaman sayur-sayuran seperti tomat, cabai, bayam, seledri, dan tanaman sayuran lainnya, yang ditanam di lahan sempit dengan menggunakan metode hidroponik. Ibu Yaning Mustikaningrum selaku ketua pengembangan kampung sayur hidroponik kampung songo mengungkapkan.

Awalnya untuk mengajak warga masyarakat di kampoeng tersebut sulit, bahkan ada sebagian warga yang diberi tanaman sayur, malas merawatnya. Namun sekarang sudah mulai tumbuh kesadaran dan tanaman sayur serta hidroponik di Kampoeng Songo telah terpilih sebagai salah satu wilayah di Surabaya yang menjadi Pilot Project kampung sayur.

Permasalahan pada tanaman sayur yang sebagian penanamannya menggunakan metode hidroponik terkendala pada pemenuhin nutrisi yang diperlukan, dengan permasalahan ini 2 Tim Pengabdian Masyarakat dari Institut Teknologi Telkom Surabaya yang diketuai oleh Dr. Dhimas Adiputra, M.Phil. beserta anggota yang mendapatkan Hibah Pengabdian Masyarakat Kemendikbud-Ristek dan Mohammad Sholik, S.Kom., M.Kom.

Sebagai Ketua Tim Pengabdian Masyarakat dari prodi Rekayasa Perangkat Lunak Institut Teknologi Telkom Surabaya mendapatkan Hibah Internal Kampus, kedua tim berkolaborasi mengembangkan Teknologi Tepat Guna, yakni penerapan teknologi Surya Cell  dengan Hidroponik untuk memberi asupan air dan nutrisi secara otomatis. Yang kemudian dipantau melalui media informasi website yang dapat dikontrol menggunakan smart phone.

Baca Juga:  Tanpa Sekat dan Batas, Ribuan Masyarakat Hangatkan ‘Open House’ Sekaligus Halal Bihalal di Kediaman Khofifah

Dengan penerapan teknologi surya cell dan automasi ini, diharapkan pemenuhan nutrisi dan air untuk tanaman hidroponik semakin mudah dan dapat dikontrol dari manapun. Disamping itu, untuk memberikan informasi edukasi kepada masyarakat umum, pentingnya menerapkan kawasan hidroponik.

Dua tim juga mengembangkan Sistem Informasi Kampong Songo, dimana konten dari website tersebut berupa profil kampoeng songo, tanaman hidriponik, dan gambaran tentang penerapan teknologi surya cell guna untuk memenuhi kebutuhan tanaman hidroponik di kampung tersebut. Profil kampoeng songo dapat dilihat pada link www.desa-songo.com  :

Tim Abdimas :   Dr. Dhimas Adiputra, M.Phil. (Ketua Tim Pengabdian )  Abduh Sayyid Albanna, Ph.D. Titus Kristanto, S.Kom., M.kom.  Mohammad Sholik, S.Kom., M.Kom. (Ketua Tim Pengabdian) Dewi Rachmawati, S.Kom., M.Kom. Titus Kristanto, S.Kom.,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.