Digitalisasi IKD Ditarget Lima Ribu Orang Tahun 2023

oleh -507 Dilihat

GRESIK,SabdaNews.com-  Warga Kabupaten Gresik Jawa Timur didorong memiliki identitas kependudukan digital (IKD), targetnya pada tahun ini, 5 ribu orang menginstal aplikasi.

Kepala Dispendukcapil Gresik, Hari Syawaluddin mengatakan, gerakan masif digitalisasi kependudukan dimulai. Implementasi program ini diawali oleh aparatur sipil negara (ASN).  “Kami yakin pendaftaran IKD secara digital ini akan sukses, apalagi sudah ada surat dari Pak Bupati nanti diawali ASN,” katanya di Sekretariat KWG, Jalan Basuki Rahmad 08 Gresik, pada Kamis (12/1/2023).

Hari menyatakan, setalah para ASN,  masyarakat juga diimbau untuk menggunakan IKD. Salah satu percepatanan program ini, dalam waktu dekat Dispendukcapil akan membuka layanan di salah satu gerai Mall.

Langkah layanan kependudukan masuk Mall ini, kata Hari akan efektif. Dalam tahun ini targetnya 5 ribu orang menginstal dan menggunakan IKD. “Akan kami sosialisasikan masif kepada masyarakat, termasuk kami akan membuka layanan di Mall,” imbuh dia.

Mantan Sekretaris Diskominfo menerangkan, dalam pemanfaatan IKD ini akan memudahkan administrasi serte penghematan anggaran karena tidak memakai cara manual percetakan.

Tak hanya Gresik, program ini juga berlaku nasional karena dinisisi oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI. “IKD diharapkan dapat membuat pelayanan adminduk menjadi semakin mudah, cepat, efektif dan efisien. Dalam aplikasi ini memuat data KTP, KK, KIS dan sejenisnya,” ujarnya.

Persyaratan pembuatan IKD yaitu pemohon mempunyai smartphone dan sudah pernah punya KTP atau pernah melakukan perekaman biometric. Selain itu nomor HP pemohon juga memiliki paket data internet atau HP terhubung dengan internet.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah Ajak ACFE Berkolaborasi untuk Hindarkan ASN Jatim dari Perilaku Fraud

Sebelum IKD dapat digunakan, dilakukan otentifikasi identitas yang terdiri otentifikasi data dan otentifikasi wajah secara sistem. Otentifikasi wajah secara sistem dilakukan dengan cara menyandingkan foto selfie dengan foto di database.

“Nanti dilakukan pada saat penerbitan QR Code oleh operator SIAK. Penerbitan IKD dilakukan secara berkelanjutan sehingga IKD dapat menggantikan KTP,” ucap Hari. ( Red )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.