Buka Kejuaraan Pencak Silat Se Jatim, Bu Min Ingatkan Bukan Untuk Pamer Skill

oleh -493 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- ¬†Kejuaraan Pencak Silat Pagar Nusa Se Jawa Timur telah resmi dibuka, Rabu (21/12/2022). Wabup Gresik Aminatun Habibah yang membuka agenda tersebut mengingatkan, seni bela diri bukanlah sebagai ajang pamer kemampuan. “Seni bela diri pencak silat ini, bukan ajang untuk dipamerkan, tapi untuk membela diri sendiri dan orang yang lemah.” ujar wabup.

Kejuaraan Pencak Silat Pagar Nusa ini digelar selama 3 hari, mulai tanggal 21 hingga 23 Desember 2022. Serta diikuti oleh 62 ranting Pagar Nusa se Jatim. Dengan total peserta sebanyak 541 yang siap memperebutkan Piala Qomaruddin.

Melanjutkan sambutannya, Bu Min juga mengedukasi para bibit Pagar Nusa muda agar terus bangga dalam belajar pencak silat. “Kita harus mengetahui di dunia ini ada banyak seni bela diri. Nah pencak silat ini adalah seni bela diri asli dari Indonesia. apalagi Pagar Nusa yang sumbernya langsung dari para kiai dan ulama’,” ujarnya.

Bahkan, saat ini telah banyak negara lain yang tengah mempelajari dan mendalami pencak silat. Hal ini terbukti dengan masuknya pencak silat sebagai salah satu kategori dalam Asian Games.

Dengan demikian, Bu Min mengharapkan agar para generasi muda pencak silat terutama Pagar Nusa, dapat senantiasa terus belajar dan melestarikan budaya bela diri pencak.

“Saya harapkan kegiatan ini dapat mencetak generasi muda pencak silat yang luar biasa, selalu rendah hati, dan dapat membela para kiai dan ulama’, serta nusa dan bangsa.” ucap Bu Min.

Baca Juga:  SMK Raden Paku Wringin anom Melaju Final Garena Youth Championship 2023

Sebagai tambahan, Pagar Nusa sendiri merupakan aliran pencak silat yang dinaungi oleh Nahdlatul Ulama’. Lahir pada tanggal 3 Januari 1986 yang saat itu diketuai oleh KH Agus Maksum Jauhari atau Gus Maksum. Saat ini Pagar Nusa telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia dengan puluhan ribu anggota.

Turut serta dalam pembukaan, Pemangku Pondok Pesantren Qomaruddin KH Iklil Sholeh, Ketua Pengurus Cabang Pagar Nusa Gresik Zainul Khuluq, dan Dewan Pendekar Pagar Nusa Wilayah II atau Pantura Makmun. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.