UPT SMP Negeri 10 Gresik Biasakan Para Siswa Gunakan 4 Bahasa: Senin Bahasa Indonesia, Rabu Jawa, Jumat Arab, dan Sabtu Bahasa Inggris

oleh -440 Dilihat

GRESIK,SabdaNews.com- Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang gencar dikumandangkan Bupati dan Wakil Bupati Gresik benar-benar diterapkan di UPT SMP Negeri 10 Gresik. Betapa tidak, satu-satunya sekolah negeri jenjang SMP di Kecamatan Bungah ini menerapkan penggunaan 4 bahasa bagi para siswanya guna menggelorakan GLS.

Kepala UPT SMP Negeri 10 Gresik H Daifi, S.Pd, M.Pd menjelaskan, kegiatan GLS bertujuan untuk meningkatkan karakter siswa sebagai Profil Pelajar Pancasila. Bentuk implementasinya, diadakan pembiasaan penggunaan 4 bahasa.

Adapun penerapannya di sekolah, para siswa dibiasakan berbahasa Indonesia tiap hari Senin, Bahasa Jawa Halus (Krama Inggil, Red) setiap hari Rabu, Bahasa Arab tiap hari Jumat dan berbahasa Inggris setiap hari Sabtu. Berikut teknis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di UPT SMP Negeri 10 Gresik:

Gerakan Literasi Sekolah  :   1. Pembiasaan menggunakan 4 , bahasa yang baik diawali masuk  gerbang sekolah (Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) 2. Literasi di awal pembelajaran  (Baca Al-Qur’an) dan di tengah pembelajaran (Baca Buku yang disukai)

“Setiap sekolah harus berinovasi demi kemajuan sekolahnya. Untuk itu, kami bersama seluruh dewan guru terus melakukan berbagai terobosan guna menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan untuk mengantar para siswa berpacu meraih prestasi,” terang Daifi yang pernah menjadi Kepala Sekolah di SMPN Sidayu dan Dukun ini, Minggu (27/11/2022).

Diantara berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan seorang Daifi, yakni menyulap halaman sekolah menjadi taman yang indah dan menyenangkan layaknya tempat wisata. Tidak hanya itu, Putra Daerah Asli Pulau Bawean ini juga mendesain perpustakaan sekolah yang biasa saja menjadi cantik luar biasa, hingga para siswa dan guru betah dan nyaman menikmati koleksi buku yang ada di perpustakaan UPT SMP Negeri 10 Gresik.

Baca Juga:  SMA A Wahid Hasyim 92 Menggelar Silaturrahmi Dengan Mengusung Tagline Seduluran Sak Lawase

Tak pelak, beragam inovasi yang menginspirasi tersebut mengantarkan sosok sang Kepala Sekolah Daifi di tahun 2022 ini terpilih menjadi Juara 3 Kepala Sekolah SMPN/SWASTA INSPIRATIF TINGKAT KABUPATEN GRESIK. Mantap, Selamat, Pak Haji Daifi…!!!

Sungguh, sekolah yang luar biasa. Pingin tahu lebih jauh? Berikut Profil UPT SMP Negeri 10 Gresik:

PROFIL UPT SMP NEGERI 10 GRESIK

  1. VISI SEKOLAH “Mewujudkan UPT SMP Negeri 10 Gresik sebagai lembaga pendidikan berkualitas dalam membentuk insan yang unggul, agamis, berprestasi, berdaya saing, berkarakter, dan berwawasan lingkungan”.
  2. MISI SEKOLAH , Untuk mewujudkan visi tersebut, UPT SMP Negeri 10 Gresik menetapkan misi sebagai berikut: 1. Mewujudkan kurikulum sekolah menjadi landasan operasional Pendidikan di UPT SMP Negeri 10 Gresik.
  3. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. 3. Mengembangkan minat, bakat, kreativitas, dan potensi peserta didik secara optimal. 4. Menanamkan nilai-nilai agama dan karakter pada peserta didik. 5. Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. 6. Menumbuhkan budaya disiplin dan tertib pada warga sekolah.
  4. Menyediakan kelengkapan fasilitas sarana prasarana dalam menunjang keberhasilan pembelajaran 8. Mewujudkan budaya santun, kekeluargaan, dan kesetiakawanan antarwarga sekolah. 9. Meningkatkan partisipasi warga sekolah dalam pelestarian, perlindungan, dan pengelolaan lingkungan.

PEMBELAJARAN  :  ✓ PTM 100%  ✓ Dilaksanakan dengan baik ✓ Kelas 7 menggunakan Kurikulum Merdeka ✓ Kelas 8 & 9 menggunakan Kurikulum 2013 ✓ Mengadakan workshop tentang Implementasi Kurikulum Merdeka ✓ Mendelegasikan guru mapel untuk mengikuti pelatihan IKM ✓ Mengadakan workshop cara mengikuti pelatihan di PMM

Baca Juga:  Serunya Siswa SD Gresik Pamer Film Pendek  “ Sunan Giri “ Hasil Kurikulum Merdeka

Sekolah Adiwiyata   1. Tahun 2020 sukses Adiwiyata  Provinsi  2. Tahun 2022 sudah lulus administrasi adiwiyata tingkat Nasional  3. Pelaksanaan gerakan sejuta biopori.  Pada tahun 2021 berjumlah 30 biopori dan pada tahun 2022 menjadi 63 biopori

PRESTASI  ✓ Kepala Sekolah menerima penghargaan sebagai Kepala Sekolah Inspiratif ✓ Siswa Berprestasi

❑ ALUNG NOVALIANO BELIANDRA,  Juara Renang Tingkat Provinsi ❑ M. IKHSAN DARMAWAN, Juara Lari Tingkat Jawa Timur, dan masih banyak lagi prestasi lainnya. (Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.