Sosialisasi Pemantapan UHC, Wakil Bupati Gresik Berharap Puskesmas Mampu Berikan Layanan Kesehatan Terbaik Bagi Masyarakat

oleh -401 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang semakin berkualitas dan dekat dengan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Kesehatan terus mensosialisasikan pemantapan program Universal Health Coverage (UHC).

Sosialisasi digelar di Gedung Armina Desa Kedungsumber Kecamatan Balongpanggang, Selasa (14/2/2023). Pesertanya jajaran UPT Puskesmas Balongpanggang dan UPT Puskesmas Dapet.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menyampaikan, Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi terkait program Pemerintah Kabupaten Gresik dalam menerapkan UHC baik Rumah Sakit maupun seluruh Puskesmas.

“Program ini membutuhkan banyak penyesuaian. Dalam menjalankan program tersebut, tenaga kesehatan diharapkan dapat memberikan pelayanan prima kepada pasien, “katanya.

Wabup Gresik yang akrab disapa Bu Min menyebutkan, data terakhir angka stunting di Kabupaten Gresik turun menjadi 10,7 persen. Sesuai arahan Presiden stunting harus turun 14 persen, ini masalah nasional yang harus kita ikuti dan alhamdulillah target ini sudah kita penuhi. “Kita harus ikut serta, terus menyumbang menurunkan angka stunting secara nasional khususnya di Kabupaten Gresik, “ungkapnya.

Wabup berharap UHC ini nantinya sudah bisa dapat menolong warga, karena masyarakat harus terus diberikan pemahaman terkait program ini. Jangan sampai kita menolak pasien yang belum mempunyai kartu BPJS dan program ini jangan sampai dinodai oleh hal hal yang tidak baik.

“Pemerintah Kabupaten Gresik mengcover sekitar 94 miliar untuk BPJS. Hal ini untuk lebih memudahkan dalam memberikan layanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat, “terangnya.

Baca Juga:  Wabub Serahkan Bantuan Kemanusian Kepada ASN Yang Berdedikasi Tinggi, Dalam Rangka HUT Ke-51 Korpri

Wabup juga menghimbau kepada tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas untuk terus meningkatkan layanan dari awal dengan menyapa, memberikan senyuman karena yang kita hadapi adalah masyarakat diperlukan hati yang baik dalam memberikan layanan.

“Saya tidak menginginkan adanya komplain dan keluhan dari masyarakat, lantaran masih ada masyarakat yang tidak mendapatkan layanan kesehatan yang baik, “harapnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr. Mukhibatul Khusnah, MM.,M,Kes dalam laporannya terkait kegiatan yang berlangsung serta capaian dan inovasi yang sudah dilakukan UPT Puskesmas Balongpanggang dan UPT Puskesmas Dapet diantaranya penanganan stunting, penanganan ODGJ, Sosialisasi serta pelaksanaan UHC.

Pada kegiatan ini turut diserahkan sertifikat Imunisasi secara simbolis oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah kepada perwakilan bayi dibawah usia lima tahu (Balita).

Acara tersebut turut dihadiri Sekretaris dan Kepala Bidang Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Kepala Puskesmas Balongpanggang, Kepala Puskesmas Dapet, dan Muspika Kecamatan Balongpanggang. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.