Seribu Bonsai Senilai Total Miliaran Rupiah Dipamerkan Di Gresik

oleh -356 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Kabupaten Gresik menjadi tuan rumah kontes dan pameran bonsai nasional 2023, yang digelar di area parkir Gressmall Gresik dari tanggal 11 hingga 21 Februari 2023. Seribu tanaman bonsai bernilai miliaran rupiah ini tampak berjajar memenuhi area pameran.

Berbagai tanaman bonsai mulai beringin, anting putri, santigi, jeruk kingkit, dan lainnya dipamerkan dalam kegiatan tersebut dalam sejumlah kelas. Masing-masing kelas prospek, pratama, madya, dan utama.

Acara yang merupakan hasil inisiasi antara Dinas Pertanian Kabupaten Gresik dengan Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) ini, juga merupakan rangkaian acara dalam menyambut HUT Pemkab ke-49 dan Hari Jadi Gresik ke-536. Pesertanya pun tidak hanya dari Kabupaten Gresik, bahkan peserta terjauh datang dari Sulawesi.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah yang hadir untuk membuka acara, menyambut baik diadakannya acara berskala nasional ini. Menurut wabup, Kabupaten Gresik merupakan salah satu daerah penghasil tanaman hias yang potensial.

“Tidak hanya bonsai saja, kita punya Adenium , Aglonema , Bougenville , dan lain-lain. Semuanya ada di showroom sebanyak 1.825 unit yang tersebar di area sepanjang 7 kilometer di 6 desa yang berada di Kecamatan Driyorejo, Wringinanom, dan Kedamean,” ungkap Bu Min, begitu Wabup Gresik kerap disapa.

Bu Min mengungkapkan, bonsai termasuk jenis tanaman antik dan penuh nilai seni. Dengan melestarikan budidaya tanaman melalui seni bonsai, Bu Min menilai hal tersebut akan mampu menggerakkan ekonomi kreatif.

Baca Juga:  Pantang Menyerah, Tim Melek Industri Terus Bergerak Mengawal SDM Pekerja Santri Bisa Bekerja di PTFI

“Karenanya saya berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut di Kabupaten Gresik, sehingga pecinta-pecinta bonsai di Kabupaten Gresik bisa terus termotivasi untuk senantiasa meningkatkan keahliannya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Bu Min juga memberikan piala sebagai bentuk apresiasi pada bonsai terbaik di gelaran ini. Salah satunya diterima penghobi bonsai bernama Vinsent asal Pamekasan, Madura. Tanaman bonsai senilai ratusan juta miliknya tersebut, meraih gelar bergengsi yakni Best In Show .

Dalam kegiatan ini, tampak hadir Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim yang diwakili oleh Irita Rahayu Aryati. Hadir pula Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Jatim Dr. Atekan, Ketua Umum PPBI Pusat Erwin Lismar, Ketua Umum PPBI Gresik Zul Azmy Amiq, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik Eko Anindito, serta beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.