Sabet Juara Dua Lomba Film Pendek KAG Videography Competition (KIDTION) 2022

oleh -629 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Torehan prestasi kembali diukir oleh siswa-siswi terbaik MAN 1 Gresik. Kabar prestasi kali ini dipersembahkan oleh Tim Movie Mansagres. Ekstrakurikuler yang mewadahi minat siswa MAN 1 Gresik dalam bidang sinematografi tersebut berhasil meraih Juara 2 Lomba Film Pendek KAG Videography Competition atau yang familiar dikenal dengan ajang KIDTION 2022.

Kegiatan lomba tersebut diselenggarakan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kabupaten Gresik. Penyerahan hadiah pun diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd, di komplek kantor Pemerintahan Kabupaten Gresik, Sabtu 3 Desember 2022.

Dalam film pendek berjudul Salah Siapa? yang berdurasi 9 menit 36 detik tersebut, Tim Movie Mansagres mengangkat kisah tentang seorang siswa bernama Wika. Siswa tersebut selalu mengalami bullying oleh teman-temannya karena memiliki postur yang pendek. Karena postur yang dimilikinya itu menjadikan ia dianggap lemah oleh siswa lain.

Akibatnya ia sering disuruh-suruh oleh temannya dan juga mengalami body shaming. Karena bullying yang terus menerus dilakukan oleh temannya, ia pun menjadi murung dan sedih. Kesedihannya pun diketahui oleh kedua orang tuanya. Kisah pun berbalik pada peristiwa masa lalu kedua orang tuanya. Pada masa lalu, kedua orang tuanya memutuskan menikah muda ketika psikologi dan perekonomian belum siap.

Di awal pernikahan, kedua orang tua tersebut sering bertengkar karena belum paham betul tanggung jawab sebagai orang tua. Ketika mereka berdua sudah memiliki anak. Karena ego kedua orang tuanya, di masa emas pertumbuhan anaknya kedua orang tua tersebut tidak bisa memberikan asupan gizi yang semestinya. Ketika anaknya perlu mendapatkan kasih sayang yang harus diberikan oleh kedua orang tuanya, malah kedua orang tua tersebut sibuk dengan dunianya sendiri.

Baca Juga:  Gandeng KWG, Wabup Gresik Berbagi Bingkisan Lebaran ke 100 Abang Becak

Menurut Bapak Faruq Hamdani, S.Pd. selaku pembina Tim Movie Mansagres menuturkan bahwa film yang digarap oleh Tim Movie Mansagres ini sesuai dengan tema yang ditentukan oleh Dinas KBPPPA Kabupaten Gresik tentang stunting. Proses pembuatan Film yang berjudul Salah Siapa?

Yang diproduseri oleh M. Arman Maulana tersebut membutuhkan waktu sekitar 1 bulan mulai dari casting, penulisan naskah, proses take video, hingga proses editing. Khusus untuk take video sendiri membutuhkan waktu 4 hari yang dilakukan di salah satu rumah warga di Desa Bungah. Sedangkan proses editing membutuhkan waktu sekitar 1 minggu.

“Film ini memang berfokus pada bagaimana stunting itu bisa terjadi, bukan apa itu stunting. Tim Movie Mansagres ingin menyampaikan pesan bahwa masalah itu muncul karena budaya saling lempar masalah dan saling lempar tanggung jawab masih sering terjadi di masyarakat Indonesia. Sehingga masalah tidak pernah selesai, namun malah memunculkan masalah-masalah baru. Melalui film ini, ia berharap bahwa film Salah Siapa? dapat membawa dampak positif bagi seluruh lapisan masyarakan di Indonesia,” ungkap Faruq.

Keberhasilan Movie Mansagres tersebut diparesiasi oleh Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I. Beliau mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Tim Movie Mansagres yang berjuang sekuat tenaga dalam membuat film pendek berjudul Salah Siapa? . Menurutnya di era 4.0 pendidikan tidak hanya sekadar transfer ilmu pengetahuan di dalam kelas, namun pendidikan dan edukasi pada masyarakat harus mengikuti perkembangan zaman.

Baca Juga:  Ketua DPD RI Tanggapi 4 Korban Tewas di Bangkalan: Carok Seharusnya Direvitalisasi Menjadi Produk Kebudayaan Suku Madura

“Salah satunya pesan-pesan pendidikan dan moral melalui penayangan film pendek seperti yang dilakukan oleh tim Movie Mansagres,” tandas tokoh masyarakat Desa Lowayu Dukun Gresik ini, Minggu (4/12/2022). (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.