Reses ke Jatim, LaNyalla Pantau Persiapan Pra PON ke Markas KONI 

oleh -377 Dilihat

SabdaNews.com  – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memantau persiapan pra Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Timur disela-sela tugas reses ke KONI Jawa Timur pada Minggu (26/2/2023).

Menurut LaNyalla, pra PON adalah bagian dari persiapan tim untuk menghadapi PON XXI maupun kejuaraan lainnya. “Kita ingin memastikan Jawa Timur bisa mempersiapkan atlet-atlet terbaiknya. Sehingga banyak yang bisa lolos dari ajang pra PON,” tuturnya.

LaNyalla berharap persiapan maksimal dapat dilakukan agar Jawa Timur bisa merealisasikan target juara umum.

“Sebagai salah satu kekuatan olahraga di tanah air, Jawa Timur harus bisa berbuat banyak di PON. Hasil terbaik harus dicapai yaitu menjadi juara umum PON XXI juga kejuaraan nasional lainnya. Untuk itu, persiapan dan evaluasi harus benar-benar dijalankan dengan maksimal,” katanya.

Sementara Ketua KONI Jatim M. Nabil, yang langsung menyambut LaNyalla, mengatakan pihaknya mempersiapkan atlet melalui Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda) Jatim 100-V KONI Provinsi Jatim Tahun 2023.

Nabil menyampaikan, Puslatda ini bertujuan untuk memberikan bekal latihan yang terbaik bagi para Atlet Jatim sebelum berkompetisi di ajang PON Tahun 2024 mendatang.

Ia menyatakan, sebelum mengikuti PON terlebih dahulu para atlet akan bertanding pada ajang Pra PON yang akan dilaksanakan tahun 2023 sekitar bulan Februari di 56 nomor cabor pada pra PON.

“Tantangan kita hari ini adalah jumlah nomor yang diperebutkan pada Pra PON sangat banyak mencapai 1.033. Untuk itu, kita akan melakukan seleksi mulai dari Cabor Premium, Akuatik hingga cabor pada nomor nomor baru,” terangnya.

Baca Juga:  Hartoyo Optimis Atlet Puslada Jatim 100-V Bisa Penuhi Target Juara Umum PON XXI Di Aceh

Salah satu cabang olahraga di Jatim yang mulai mempersiapkan diri adalah Muaythai. Buktinya, Pengprov MI Jatim telah sukses menggelar Liga Muaythai yang dimulai dengan seri pertama di Surabaya, sejak 25 – 26 Februari 2023.

Ajang ini digunakan untuk menjaring atlet baru yang diproyeksikan masuk Puslatda Jatim proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Kejuaraan ini sendiri digeber di Surabaya Town Square Mall hingga akhir tahun 2023. Pemilihan mall yang berlokasi di Surabaya selatan itu karena saat ini menjadi mall sport yang banyak dikunjungi oleh banyak olahragawan untuk berlatih.

“Ini akan menjadi ajang pencarian bakat yang sistematis,” kata Ketua Pengprov MI Jatim, Baso Juherman.

Dijelaskannya, Muaythai Jatim sudah mulai mempersembahkan prestasi yang membanggakan, baik pada level nasional maupun internasional.

Baso bertekad untuk terus membawa Muaythai Jatim meraih prestasi. Karena itu, dia berupaya memaksimalkan Liga Muaythai sebagai proses seleksi mendapatkan atlet potensial.

Apalagi persaingan memperebutkan tiket menuju PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara semakin dekat. Informasi yang dihimpun, perhelatan Pra PON cabang olahraga Muaythai digelar di Solo, Jateng pada Juni 2023 mendatang.

“Jadi tujuan dari Liga Muaythai untuk menjaring atlet-atlet Jawa Timur untuk mengisi nomor-nomor pertandingan yang akan dilaksanakan pada Pra PON nanti,” tegas Baso.

“Target (Pra PON) tentu meloloskan sebanyak-banyaknya atlet. Karena nanti hanya akan ada enam provinsi yang lolos (PON). Mudah-mudahan semua nomor yang diikuti Jatim bisa kita lolos,” tambahnya.(pun)

Baca Juga:  Perhatian Pemerintah Untuk Tim Sepak Bola Amputasi Masih Minim

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.