PMR MAN 1 Gresik Bagikan 1000 Pita Merah Dan Poster Edukatif Dalam HUT  HIV/AIDS Se Dunia

oleh -823 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com– Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban HIV/AIDS serta partisipasi aktif MAN 1 Gresik dalam mencegah HIV di kalangan pelajar, PMR MAN 1 Gresik selenggarakan aksi nyata peduli korban HIV/AIDS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan tanggal 1 Desember 2022 yang juga diperingati sebagai hari AIDS se-dunia.

Sejak pukul 06.00 WIB puluhan siswa MAN 1 Gresik yang tergabung dalam ekstrakurikuler PMR MAN 1 Gresik berjajar mereka menyambut kedatangan siswa MAN 1 Gresik di gerbang depan dan pintu belakang madrasah. Mereka membagikan dan menyematkan pita merah kepada seluruh siswa, guru, karyawan dan juga kepala MAN 1 Gresik.

Tidak hanya membagikan pita merah sebagai simbol kepedulian terhadap penderita AIDS di dunia, PMR MAN 1 Gresik juga menempelkan poster edukatif tentang fakta HIV/AIDS, gejala awal HIV/AIDS dan cara pencegahannya. Diharapkan melalui aksi nyata yang dilakukan oleh PMR MAN 1 Gresik pada 1 Desember 2022, pelajar Indonesia dan utamanya siswa MAN 1 Gresik dapat lebih preventif terhadap penularan HIV/AIDS. Selain itu kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar para siswa dapat lebih peduli kepada penyandang HIV/AIDS atau yang dikenal dengan istilah ODHA (Orang dengan HIV/AIDS).

Berdasarkan laporan dari pengurus PMR MAN 1 Gresik, total tahun ini membagikan 1000 pita kepada seluruh keluarga MAN 1 Gresik. Kemudian pengurus juga membagikan 32 poster edukatif tentang HIV/AIDS di setiap kelas. Meskipun peringatan HIV/AIDS dilaksanakan dalam pekan pertama Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal, hal itu tidak menyurutkan para kader PMR untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Buka Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Prodi PAI Kuatkan Profil Lulusan

Menurut Tiara Andini ketua PMR MAN 1 Gresik bahwa peringatan HIV/AIDS di MAN 1 Gresik merupakan agenda rutin yang diprogramkan oleh pengurus PMR setiap tahunnya. Kegiatan peringatan HIV/AIDS ini memang sempat terhenti selama 2 tahun karena pandemi Covid-19, dan pada tahun 2022 dirinya beserta pengurus dan kader PMR MAN 1 Gresik dapat menyelenggarakannya kembali kegiatan tersebut.

“Selain sebagai bentuk kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh PMR MAN 1 Gresik, kegiatan ini juga sebagai bentuk persuasi kepada seluruh keluarga besar MAN 1 Gresik tentang kepedulian kepada penderita HIV/AIDS. Melalui peringatan ini, diharapkan pula dapat menumbuhkan upaya preventif tentang pengendalian persebaran HIV/AIDS,” terang Tiara.

Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I yang turut serta menyaksikan langsung kegiatan PMR MAN 1 Gresik mengapresiasi aksi kepedulian sosial tersebut. Menurutnya pendidikan tidak hanya sekadar mengajarkan tentang ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Namun pendidikan juga harus mampu mengajarkan peserta didik peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

“Tentunya kegiatan-kegiatan semacam ini merupakan hal yang positif untuk menanamkan nilai-nilai sosial di kalangan peserta didik,” tandas tokoh masyarakat asal Desa Lowayu Dukun Gresik ini, Sabtu (3/12/2022). (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.