, ,

Pergantian Tahun Baru 2023 Jatim Aman dan Kondusif, Gubernur Khofifah Kuatkan Semangat Guyub Rukun Serta Optimisme Jatim Semakin Maju dan Hebat

oleh -418 Dilihat

SabdaNews.com  – Alhamdulillah pergantian tahun baru 2023 di Provinsi Jawa Timur berlangsung aman, lancar dan juga kondusif. Seluruh warga merayakan penuh optimisme yang positif menyambut datangnya tahun baru 2023.

Atas kondisi ini secara khusus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasinya pada seluruh warga Jatim, seluruh jajaran TNI – Polri, semua instansi vertikal , Babinsa, Babinkamtibmas, dan tokoh masyarakat yang telah bersama sama mewujudkan suasana pergantian tahun baru yang aman dan kondusif.

“Alhamdulillah malam pergatian tahun baru 2023 di Jawa Timur berjalan aman dan kondusif. Kepada seluruh warga Jatim kami menyampaikan terima kasih, dan mari kita mulai awal tahun 2023 dengan semangat kerja keras guyub rukun dan produktif membangun Jawa Timur semakin maju dan hebat,” kata Gubernur Khofifah, di Grahadi, Surabaya, Minggu (1/1/2023).

Demi menjaga pergantian malam tahun baru 2023, jajaran Forkopimda Jatim telah melakukan upaya maksimal. Forkopimda Jatim telah berulang melakukan rakor pengamanan, apel k3siap siagaan, termasuk meninjau sejumlah gereja di beberapa titik di Jatim.

Dan tepat di malam pergantian tahun, Gubernur Khofifah bersama Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Hermanto dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf meninjau sejumlah Pos Pengamanan (Pos Pam) Tahun Baru 2023.

Pos pam yang ditinjau forkopimda Jatim yakni Taman Bungkul Surabaya sekaligus sebagai tempat mengikuti rakor bersama Panglima TNI, Kapolri dan pejabat Kementerian/ Lembaga lainnya, serta Bundaran City Of Tomorrow (CITO). Titik-titik tersebut merupakan bagian dari 12 titik yang menjadi fokus pemantauan dan penyekatan di Kota Surabaya.

Baca Juga:  Lakukan Aeroseeding Pasca Karhutla, Gubernur Khofifah dan TNI AU Tebar 1.544,4 Kg Benih Tanaman untuk Hijaukan Kembali Kawasan Arjuno-Welirang

Upaya penyekatan ini bertujuan untuk menghindarkan kemungkinan adanya konvoi antar kota yang mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kami sengaja melakukan peninjauan pos pengamanan di titik-titik akses masuk Kota Surabaya. Dan kami juga memastikan bahwa semua personel telah siap siaga mengantisipasi malam tahun baru ini agar tidak ada konvoi yang masuk Kota Surabaya yang dihawatirkan dapat mengganggu kamtibmas,” katanya.

Tidak hanya itu, para jajaran forkopimda Jatim  juga melakukan penandatanganan komitmen bersama dalam rangka mengantisipasi Gangguan Keamanan dan Ketertiban Umum pada Perayaan Tahun Baru 2023 di Wilayah Provinsi Jatim.

Hal itu dilakukan guna menjaga suasana yang aman kondusif di tengah perayaan pergantian tahun 2023. Sehingga masyarakat tetap merasa aman dan juga nyaman menyambut tahun baru.

“Ada delapan item yang menjadi komitmen kami bersama. Kita semua berkomitmen menjaga semuanya, bersama-sama nyaman sehat dan penuh kebahagiaan,” ungkap Gubernur Khofifah.

Delapan poin yang termaktub dalam poin komitmen bersama di antara adalah menjaga keamanan dan ketertiban umum di wilayah Provinsi Jatim, kemudian melakukan pengamanan obyek-obyek vital di daerah antara lain pusat pembelanjaan, hotel dan obyek wisata.

“Dan kami juga bersama ribuan warga Jatim melakukan Sholawat dan Doa bersama untuk menyambut tahun baru 2023 yang lebih berkah dan penuh kebaikan,” tandasnya.

Dan terakhir, di detik-detik tahun baru 2023, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga menggelar kegiatan memukul kentongan secara serentak di desa dan kelurahan se Jatim.

Baca Juga:  Kades Sumber Rejo Berharap Kasi Pemerintahan Baru Membantu Kemajuan Desa

Yang mana kegiatan ini memecahkan Rekor Dunia MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) untuk pemukulan kentongan serentak dengan lokasi terbanyak di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (31/12) malam.

Total jumlah kentongan sebanyak 30.515 buah yang serentak dilakukan secara hybrid di desa dan kelurahan se-Jatim.

“Mari kita sambut tahun baru 2023 dengan penuh optimisme, bahwa Jatim akan semakin maju dan semakin hebat,” pungkas Gubernur Khofifah. (pun)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.