Masuk Nominasi Championships TP2DD, Pemkab Gresik Berkomitmen Terus Dorong Digitalisasi Pada Bidang Ekonomi Dan Keuangan Daerah.

oleh -408 Dilihat

JAKARTA,SabdaNews.com- Pemerintah Kabupaten Gresik masuk dalam nominasi Championships Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) tahun 2022. Pencapaian tersebut adalah wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Gresik dalam mewujudkan digitalisasi daerah di berbagai sektor terutama dibidang ekonomi dan keuangan daerah.

Hal ini terungkap pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional P2DD, di Jakarta, Selasa (06/12/2022) yang diikuti Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah. Hadir bersama wabup, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gresik Ninik Asrukin dan Kabid Pengembangan dan Informasi Pendapatan Daerah BPPKAD Gresik Almira Hadiani.

Bu Min, begitu wabup kerap disapa, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Gresik sangat mendorong dilaksanakannya digitalisasi dalam berbagai sektor. Selain lebih efisien dan akuntabel, digitalisasi juga seiring dengan perkembangan era teknologi informasi, yang saat ini telah melesat selepas pandemi.

Saat ini, penerapan digitalisasi utamanya dalam peningkatan pendapatan daerah telah diterapkan di Kabupaten Gresik lewat Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD). Dengan menggandeng e-commerce dan perbankan, masyarakat semakin dimudahkan dalam melakukan kewajibannya dan pada gilirannya akan membantu peningkatan pendapatan daerah.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Kominfo Gresik Ninik Asrukin menambahkan, digitalisasi ini akan didorong lewat sosialisasi secara masif kepada masyarakat. Dengan kolaborasi yang apik antara Diskominfo dan BPPKAD Gresik, dirinya optimis sosialisasi bisa berjalan lancar dan target bisa terpenuhi.

Dalam kesempatan ini, beberapa tokoh nasional didapuk menjadi keynote speaker. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Baca Juga:  Komisi A DPRD Jatim Dukung Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Dalam sambutannya, Menko Perekonomian RI itu memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan P2DD di daerah masing-masing.

Kedepan, dirinya menugaskan Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) menargetkan 65% pemerintah daerah menerapkan digitalisasi pada 2023.

Selanjutnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate. Menkominfo melaporkan bahwa diperkirakan nilai tambah dari proses digitalisasi dari tahun ke tahun.

Momentum digitalisasi di Indonesia juga terlihat dari meningkatnya transaksi digital pada tahun 2021 yang mencapai 950 Triliun. Dengan semangat tersebut, P2DD dilakukan untuk mempercepat salah satu ekosisem penting digitalisasi daerah yaitu melalui digitalisasi transaksi keuangan daerah. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.