Launching Bandar Grissee, Wisata Multikultural Gresik Bertajuk Kota Tua

oleh -515 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Kabupaten Gresik resmi meluncurkan wisata baru bertajuk kota tua, Jumat (16/12). Destinasi tersebut adalah Bandar Grissee yang terletak di Jl. Basuki Rahmat. Peluncuran ini akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 16 – 18 Desember 2022. Peluncuran Bandar Grissee ini juga bersamaan dengan Tenun Gresik.

Selama tiga hari, kegiatan diisi dengan pameran UMKM, tari-tarian, fashion show, sholawatan, safari Bandar Grissee, fun bike dan lainnya. Selain itu, ada juga penampilan spesial dari Dodit Mulyanto, Dwi Sasono, dan Klantink.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, mengatakan, Bandar Grissee akan menjadi salah satu ikon budaya dan toleransi terbaik di Kabupaten Gresik.

“Kami merasa bangga, karena Bandar Grissee ini punya banyak sekali keunikan. Salah satunya adalah budaya dan toleransi. Karena disini kita diapit oleh tiga kawasan yang berbeda sejak dulu. Ada Kampung Arab, Kampung Pecinan, dan Kampung Kolonial yang memiliki kebudayaan yang berbeda.” ujarnya.

Menurut beberapa literatur, Bandar Grissee sendiri sudah ada sejak sekitar tahun 1.400 M, merujuk pada zaman Sunan Giri. Dinamakan Bandar karena lokasinya yang  dekat dengan pelabuhan. Sedangkan Grissee yang merujuk pada sebutan Gresik saat jaman kolonial. Perancangan tempatnya sendiri berdasarkan potret gambar yang telah ada sejak dulu.

Dalam pembukaan kali ini juga diserahkan hadiah lomba kontes videografi yang digelar beberapa waktu lalu. Dengan Juara I Ahmad Kholilullah dengan judul “Bandar Grissee”, Juara II Arendra Afriansyah dengan judul “Melekat Kisah Peradaban”, Juara III Muhammad Fathurrochman dengan judul “Kota Kita Bandar Grissee”.

Baca Juga:  Semangat Bangun Desa, BPD se-Kecamatan Panceng Gelar Studi Tiru ke Banyuwangi

Ada juga lomba Damar Kurung Painting yang didukung langsung oleh PT Nipsea Paint and Chemical (Nippon Paint) Gresik. Dengan Juara I Ahmad Feri, Juara II Rahmat Basuki, dan Juara III Muhammad Bachruddin.

Rencananya, pembukaan Bandar Grissee akan ditutup dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti. Yang mana akan dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.