Ketua DPD RI Ajak Perguruan Tinggi di Jatim Kolaborasi Bangun SDM

oleh -244 Dilihat

JAKARTA.SabdaNews.com – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengajak lembaga pendidikan tinggi di Jawa Timur untuk berkolaborasi membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Jawa Timur yang unggul dan berkualitas.

“Lembaga pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam mencetak SDM. Perguruan Tinggi identik sebagai lembaga riset. Kampus memiliki dosen dan tenaga peneliti yang besar.
Kekuatan inilah yang dapat menjadi titik balik peningkatan SDM. Artinya, pengembangan SDM harus berbasis riset,” kata LaNyalla, Selasa (16/1/2024).

Senator asal Jawa Timur itu menilai sudah seharusnya kampus yang dipenuhi oleh tenaga terdidik menjawab tantangan yang akan kita hadapi ke depan. Pada saat yang sama, dapat memanfaatkan peluang-peluang yang ada di depan kita.

Apalagi, LaNyalla menilai Jatim memiliki lembaga pendidikan tinggi yang cukup banyak dan berkualitas mumpuni. Bahkan, berdasarkan versi Edurank 2023, ada 16 kampus terbaik di Jatim. Di antaranya adalah Universitas Airlangga (peringkat nasional 6), Universitas Brawijaya (peringkat nasional 8), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (peringkat nasional 10) dan Universitas Negeri Malang (peringkat nasional 16).

“Artinya, seluruh kampus hasil risetnya harus digunakan untuk pembangunan SDM Jatim. Dengan begitu, Jatim memiliki peluang sebagai lokomotif pembangunan SDM nasional,” tutur LaNyalla.

Untuk mewujudkan hal itu, LaNyalla mengajak seluruh kampus untuk bersama-sama berkolaborasi membangun SDM Jatim.

“Saya kira inilah momentum bagi kita bersama, dalam hal ini insan perguruan tinggi, untuk berkolaborasi menjadi motor penggerak pembangunan SDM di Jatim,” ajak LaNyalla.

Baca Juga:  Ratusan Petugas Pramubakti dan Satpam SMPN Se-Gresik Ngabuburit Bareng Gus Yani

Menurut LaNyalla, kolaborasi ini penting dijalin agar kampus, pemerintah dan stakeholder terkait di Jatim memiliki langkah dan gerak seirama dalam membangun dan mengembangkan SDM sesuai dengan potensinya masing-masing.

“Kampus memiliki peran strategis dalam melakukan pemetaan pembangunan SDM yang berkualitas berbasis keunggulan Jatim. Artinya, kita mengembangkan pembangunan SDM sesuai dengan kebutuhan dan keunggulan yang dimiliki oleh Jatim itu sendiri,” ujar LaNyalla. (pun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.