,

Keren, MI Manbaur Rohma Gresik Dapat Predikat Adiwiyata Nasional

oleh -473 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Dirintis sejak 2018, MI Ma’arif NU Manba’ur Rohmah Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik Jawa Timur akhirnya mendapatkan predikat Adiwiyata nasional.

Penghargaan bergengsi itu telah diberikan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK RI) kepada sekolah pada November 2022 lalu.

Atas prestasi itu, Kepala Kanwil Kemenag Husnul Maram secara khusus memberikan penghargaan kepada Kepala MI Manba’ur Rohmah Hamidatusaaidah saat peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag di Surabaya Selasa (3/1/2022) pagi.

Kepala MI Manba’ur Rohmah Hamidatusaaidah mengaku bersyukur atas pencapaian tersebut. Dia tak menyangka madrasah yang dipimpin menjadi terbaik.

Menurutnya, penghargaan Adiwiyata ini merupakan hasil kerja keras serta kolaborasi apik dari madrasah, siswa maupun wali siswa.  “Kita mengawali predikat Adiwiyata tingkat kabupaten, lalu Jawa Timur, dan kini tingkat nasional. Kami tentu bangga atas pencapaian ini,” katanya.

Hamida menerangkan, untuk mendapat predikat Adiwiyata ini tidak mudah. Selain keasrian dan kebersihan kelas, sanitasi serta drainase lingkungan jadi perhatian.

Dia menuturkan, perilaku hidup sehat oleh siswa dan guru juga menjadi atansi khusus. Bahkan, kondisi kantin serta makanan siswa juga diperhatikan. “Misalnya kantin memiliki kewajiban memakai bahan makanan sehat. Selain itu, kami berkomitmen tanpa sampah plastik,” ungkap dia.

Lebih jauh Hamida mengungkapkan, di lingkungan siswa belajar mengajar, ada sekitar 455 pohon maupun tanaman toga yang bermanfaat bagi kehidupan.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah: Pilar Sosial Adalah Pahlawan Era Digital dalam Melawan Kemiskinan dan Keterbelakangan

Selain itu, ada beberapa program yang turut mendukung Adiwiyata, misalnya pengelolaan sampah, pembibitan, tanam pohon dan konservasi energi. “Kemudian yang jadi ikon adalah inovasi mengubah serbuk kayu jadi briket. Ini salah satu cara untuk membantu masyarakat mengurangi limbah, apalagi disekitar kami limbah kayu melimpah,” imbuhnya. ( Red )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.