,

Gubernur Khofifah Dukung Obsesi Super Mario Bangun Sirkuit Balap Di Magetan

oleh -470 Dilihat

SabdaNews.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima helm bermotif batik Telaga Sarangan dari pembalap muda Indonesia Mario Suryo Aji, yang juga dikenal Super Mario. Helm tersebut merupakan helm serupa yang akan dipakai Mario saat membalap di Moto3 GP Musim 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah mengaku bangga dan bahagia karena dapat mengiringi langkah “Super Mario” memasuki tahun keduanya di Moto3 GP. Terlebih desain helm tersebut mewakili harapan Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan Gubernur Khofifah agar menyertakan nafas NKRI dalam berlaga balap internasional.

“Kami tentunya bahagia bisa terus mengawal. Ini terasa sekali bagaimana kita semua sebagai bangsa merasa bangga ada anak Indonesia yang melengkapi suksesnya para olahragawan,” ujar  Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (16/2/2023) kemarin.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut terlihat momen menarik lainnya, dimana Gubernur Khofifah memberikan sebuah jaket kulit dengan motif ecoprint, yang dikhususkan bagi pebalap 18 tahun asal Magetan ini.

“Jaket ini saya harap dapat menjadi pengingat dan juga pelindung penghangat untuk Mario saat berlaga di Eropa. Cocok untuk digunakan di musim dingin, sekaligus mengenalkan produk hand made UKM Jatim,” harap  Gubernur perempuan pertama di Jatim.

Lebih jauh, mantan Menteri Sosial RI itu menjelaskan, bahwa Pemprov Jatim akan senantiasa memfasilitasi dan mendukung dengan berbagai upaya. Salah satunya adalah pembangunan sirkuit balap yang diberi nama sesuai dengan Mario di tempat kelahirannya, Magetan.

“Sebetulnya ini memang keinginan kita bersama Bupati Magetan untuk menyiapkan sirkuit. Kenapa di Magetan? Karena Mario dari Magetan dan mudah-mudahan bisa dikerjakan dengan cepat,” ungkapnya.

Khofifah juga menerangkan, sirkuit ini akan lebih menguntungkan Mario sehingga saat break (istirahat) dari kompetisi musim balap  dapat berlatih lebih dekat dengan rumah. Sebab, selama ini, pembalap berumur 18 tahun itu selalu berlatih di Bantul, DIY.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah Berharap Ada Pemecahan Rekor di Gelaran Porprov VIII Jatim 2023

“Ini supaya nantinya Mario bisa berlatih di kotanya sendiri dan bisa menjadi sumber kebahagiaan, kebanggaan, dan semangat bagi anak-anak di Magetan dan wilayah Mataraman,” tutur Khofifah.

Dia juga mengajak masyarakat Indonesia dan pihak terkait untuk mendukung Mario sebagai kebanggaan bangsa. Dan yang lebih penting, langkah Mario tersebut juga harus diiringi doa untuk penguatan dari seluruh skill yang didapatnya selama latihan.

“Saya minta tolong Mario dikawal dan tetaplah bersambung doa, bersambung semangat. Ketika semangat bertemu dengan semangat, akan ada multiplier effect yang akan memberikan dampak positif bagi kita semua,” imbuhnya.

Kepada Mario, Khofifah secara khusus berpesan untuk membawa nama baik Indonesia di mata dunia. “Untuk Mario Surya Aji, jangan pernah berhenti di sini. Selamat berlaga anakku. Sehat, sukses, dan bawalah harumnya merah putih di mana saja Mario akan berlaga,” pesannya.

Sementara itu, Mario mengungkapkan rasa terima kasihnya yang tinggi atas peran Gubernur Khofifah dalam mengantarkan kesuksesannya. Terlebih dengan pembangunan sirkuit di Magetan.

“Berkat bantuan Ibu juga, di Magetan akan ada sirkuit yang diberikan nama dengan Mario sendiri. Mudah-mudahan ini diberi kelancaran dan semoga cepat terlaksana agar Mario bisa latihan intensif di rumah sendiri,” ungkapnya.

Mario sendiri memang pantas menyandang sebutan Super Mario. Pasalnya, ia menjadi pembalap muda Indonesia yang mampu mencetak sejarah di kancah balap internasional.

Selama debut pertamanya pada musim 2022 lalu, Mario telah membuktikan dirinya benar-benar seorang Super Mario. Pasalnya, dari 44 pembalap di seluruh dunia, ia dapat menempati posisi ke-26.

Baca Juga:  Temui KONI Sulsel, LaNyalla Minta Atlet Muaythai Makassar Fokus Raih Prestasi 

Selain itu, ia menjadi satu-satunya pembalap Indonesia yang bisa memulai di front row sebanyak dua kali. Tak hanya itu, Mario berhasil berlaga di 16 negara pada 21 seri, sesuatu yang belum pernah dicapai oleh pembalap Indonesia sebelumnya.

Hanya saja, prestasi tersebut diakuinya tidak cukup membuatnya puas. Oleh karenanya, ia berjanji akan meningkatkan performa di laga-laga berikutnya.

“Apa yang sudah dicapai Mario musim kemarin tidak membuat Mario puas. Tidak ada target, tapi Mario jauh lebih optimis dan percaya diri untuk menghadapi musim ini dan terus memecah rekor yang sudah Mario gapai di tahun sebelumnya,” jelasnya.

Saat ditanya perihal berapa poin yang diharapnya dapat ia cetak, Mario mengaku belum bisa memberi jawabab. Hanya saja, ia bertekad melebihi poin yang diraih tahun sebelumnya yakni mencapai dua digit angka.

“Kalau poin targetnya jauh melebihi tahun lalu. Tapi Mario belum bisa counting. Do’akan saja. Terima kasih,” tutupnya.

Setelah sebelumnya berhasil melewati musim 2022 dengan gemilang, Mario akan bertolak ke 18 negara. Di mana, ia akan memulai dengan Portugal di bulan Maret sebelum bertanding di Argentina.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi laga, pada Sabtu (18/2) nanti, Mario akan pergi ke Spanyol untuk menjalani camp training bersama pembalap dunia lainnya sebelum pertandingan musim 2023 dimulai.

Dengan prestasi dan keunggulannya ini, Honda Team Asia sebagai tim manajemen dari Mario menargetkan bahwa putera daerah itu akan bisa berlaga pada kelas utama Moto GP 5 tahun dari sekarang. (tis)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.