,

Bertaraf Internasional, Pemkab Gresik Bersama Kadin Selenggarakan Pelatihan Pelatih Kerja Internasional Versi Dasar

oleh -322 Dilihat

GRESIK,SabdaNews.com- Program peningkatan kualitas sumber daya manusia terus digeber Pemerintah Kabupaten Gresik. Bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Gresik dan Kadin Jawa Timur, kali ini Pemerintah Kabupaten Gresik lewat Dinas Tenaga Kerja menyelenggarakan pelatihan bertaraf internasional dengan menggandeng IHK Trier Jerman.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat membuka kegiatan Pelatihan Pelatih Kerja Internasional Versi Dasar (AdAIB), Senin (12/12/2022) mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Gresik untuk memberikan kesempatan masyarakat untuk mengupdate keterampilan sehingga bisa relevan dengan kebutuhan perusahaan.

“Seperti yang kita tahu, Gresik adalah kota industri. Disamping itu, pada tahun 2022 investasi di Gresik juga cukup tinggi. Ini artinya bahwa Kabupaten Gresik ini akan membutuhkan banyak sumber daya manusia yang mumpuni,” ungkap Bu Min, begitu wabup kerap disapa.

Bu Min menyinggung, dengan adanya Ranperda Penyelenggarakan Ketenagakerjaan, maka saat ini yang harus benar-benar disiapkan adalah kompetensi SDM.

“Jangan sampai kesempatan yang ada, tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Gresik lantaran kompetensinya yang belum mumpuni. Lantas, kesempatan tersebut akhirnya diambil oleh masyarakat wilayah lain,” ujarnya.

Potensi Kabupaten Gresik yang besar juga diungkapkan Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto. Kadin Jatim memandang bahwa Kabupaten Gresik sangat strategis dan dengan banyaknya investasi dan industri yang muncul disini.

“Tujuan kegiatan kita hari ini adalah untuk memperoleh tenaga kerja yang betul-betul kompeten. Yang melatih nanti dari IHK Tier Jerman, dan yang menguji juga dari Jerman. Oleh karena itu, nantinya sertifikat yang diterima peserta juga bertaraf internasional, berstandar Jerman,” tegasnya.

Baca Juga:  Peringati HUT ke-62, Gubernur Khofifah Dorong Transformasi Digital Bank Jatim Menuju BPD Nomor Satu di Indonesia Beri Pendampingan UMKM Tembus Ekspor Lewat Desa Pendulum Devisa

Diikuti oleh 19 peserta, pelatihan ini akan berjalan mulai tanggal 12 – 18 Desember 2022. Sejatinya, kegiatan pelatihan bersama IHK Tier Jerman hari ini merupakan kali ketiga diadakan di Kabupaten Gresik.

Nantinya, setelah mendapatkan sertifikat Pelatih Kerja Internasional Versi Dasar, diharapkan peserta bisa melanjutkan mengikuti pelatihan sehingga mendapatkan sertifikat master training.

“Semoga pelatihan ini bisa berjalan lancar dan hasilnya bisa membanggakan,” pesan Ketua Kadin Gresik Choirul Rizal yang turut hadir mengikuti kegiatan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.