Belajar Sejarah di Situs Gosari, Ratusan Siswa Gembira

oleh -672 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Keberadaan situs Gosari Kabupaten Gresik membuat ratusan siswa tertarik untuk belajar sejarah di tempat tersebut. Seperti yang dilakukan ratusan siswa-siswa MI Al-Muniroh 1 Ujungpangkah. Mereka mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang peninggalan sejarah salah satunya Prasasti Butulan dan Sendang Bidadari.

Kepala sekolah, Shohibul Hujjah, menyatakan kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat mempelajari dan memahami nilai-nilai kebudayaan yang terkait dengan situs Gosari.  Kegiatan dimulai dengan melakukan senam bersama, dilanjutkan dengan kegiatan outbound, dan diakhiri dengan sesi pembelajaran sejarah. “Program ini merupakan yang pertama kali diadakan dan rencananya akan dijadikan kegiatan tahunan setelah masa ujian,” katanya ketika ditemui di sela kegiatan, Selasa (13/6/2023).

Shohibul mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengisi waktu belajar-mengajar setelah ujian selesai. Dengan demikian, siswa dapat memperluas pengetahuan tentang warisan budaya.

Situs Gosari sendiri, kata dia telah diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sebagai salah satu situs kebudayaan yang penting.  “Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memahami nilai-nilai dan sejarah di balik situs ini,” ungkapnya.

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Mamluatul Khoiriyah, menambahkan kegiatan ini melibatkan sebanyak 180 siswa dari MI Al-Muniroh 1.

“Jadi selain belajar di kelas, mereka juga diberikan kesempatan belajar di luar ruangan,” ujar dia.

Mamluatul menerangkan, pihak sekolah terus melakukan promosi agar penerimaan peserta didik baru (PPDB) dapat berjalan lancar. “Selain itu, juga terdapat upaya bimbingan belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis,” tambah dia.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah Berpesan TKSK se Jatim Senantiasa Jaga Kesalehan Sosial

Selain kegiatan pembelajaran, sekolah juga memberikan perhatian pada ekstrakurikuler. Pada 12 Juni kemarin, MI Al-Muniroh 1 bahkan berhasil meraih juara tahfidz tingkat kecamatan.

Sementara itu, Ketua Pengelola Wagos, Misbakhud Dawam, menjelaskan bahwa tempat wisata di Gosari dirancang dengan konsep yang ramah anak.  “Selain menjadi destinasi wisata, tempat ini juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk belajar,” tambah dia

Di situs Gosari, terdapat peninggalan bersejarah seperti prasasti dan sendang putri bidadari yang dapat memberikan wawasan baru kepada para pengunjung.

“Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang tertarik untuk menjaga dan melestarikan peninggalan-peninggalan sejarah,” tutup Dawam usai mendampingi siswa belajar sejarah di Situs Gosari Gresik. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.