AMPG Jatim Siapkan Relawan Sigap Bencana

oleh -193 Dilihat

SabdaNews.com – Masih tingginya potensi bencana di Jatim, membuat AMPG Jatim berinisiatif menyiapkan tenaga muda tanggap yang siap bergerak saat bencana terjadi.

Sekitar 98 peserta terdiri dari 76 peserta dari kab/kota seJatim, 7 peserta AMPG Jatim, 15 peserta eksternal (umum) dengan usia maksimal 35 tahun mengikuti Pelatihan Relawan Penanggulangan Bencana di Kantor DPD Partai Golkar Jatim, Jl Ahmad Yani Surabaya.

Ketua AMPG Jatim Pranaya Yudha Mahardika, mengatakan acara ini dibuat dengan harapan peserta khususnya kader AMPG Kab/Kota dapat menjadi garda terdepan apabila terjadi bencana di wilayahnya.

“Secara politis, diharapkan pembentukan Relawan Penanggulangan Bencana AMPG ini dapat menjadi citra positif bagi pemuda-pemuda yang memiliki kepedulian sosial. Dan dengan materi teknis yang diberikan ini, kami sebagai kader AMPG dapat memberikan penanggulangan pertama saat terjadi bencana, dengan membawa marwah partai Golkar,” ungkapnya, disela-sela kegiatan pelatihan, Sabtu (18/3/2023).

Dalam pelatihan, kata Pria yang juga anggota DPRD Jatim, AMPG  menghadirkan berbagai pemateri yang berpengalaman dalam menangani bencana. Misalnya dari BPBD Jatim yang memberikan materi Manajemen Bencana dan Partisipasi Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana
serta bagaimana peran relawan saat penanggulangan bencana.

“Tujuannya agar tidak bertindak sendiri karena kan kalau bencana kan harus jelas koordinasi dengan BPBD sebagai leadernya,” tambah Pranaya Yudha.

Selain BPBD, pelatihan ini juga mendatangkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Pertolongan, yang memberikan materi Penanganan Kebakaran, juga Pelatihan Pemadaman Api Manual dan menggunakan APAR (outdoor), serta Mitra Relawan (RESU SURABAYA) yang melatih dalam memberi Pertolongan Pertama Gawat Darurat/PPGD dan materi Penanganan Darurat Bencana.

Baca Juga:  MAN 2 Gresik Sukses Gelar "MACHO" Mandagres Championship Diikuti 1.422 Peserta se-Gerbangkertasusila

Pelatihan ini tidak hanya sebatas teori, tapi juga melakukan praktek lapangan langsung, agar bisa mempraktekan teori yang didapat dan siap saat ada kejadian. “Tadi kita praktek memadamkan api, dan praktek penangan kebencanaan lainnya, ” kata Yudha.

Selain kegiatan bencana, acara yang dibuka oleh Ketua DPD Partai Golkar Jatim Sarmuji ini, AMPG juga menggelar baksos kesehatan, cek tekanan darah-gula darah, kolesterol, dan asam urat secara gratis di sela-sela acara pelatihan.

“Kami berharap dengan pelatihan ini kader-kader AMPG dan masyarakat siap jika sewaktu-waktu membantu saat terjadi bencana,” pungkasnya. (pun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.