Akses ke Pantai Sijile Diresmikan, Gubernur Khofifah Berharap Situbondo Siap-Siap “Kebanjiran” Wisatawan

oleh -278 Dilihat

SITUBONDO.SabdaNews.com  – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meyakini Pantai Sijile Situbondo bakal kebanjiran wisatawan usai Jalan Merak – Baluran diresmikan Senin (9/1/2023). Menurut Khofifah, Pantai Sijile punya keindahan dan eksotisme yang tidak ada duanya.

“Tren wisata saat ini lebih berorientasi pada alam. Kalau sebelumnya Pantai Sijile masih relatif sulit dijangkau karena ketiadaan infrastruktur yang layak, maka setelah ini (peresmian jalan-red) harus siap-siap ‘kebanjiran’ wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara,” ungkap Khofifah saat mengunjungi Pantai Sijile, Situbondo.

Sebelumnya, Khofifah meresmikan Jalan Merak – Baluran, Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo (Kawasan Taman Nasional Baluran). Jalan yang mampu menahan beban hingga 5 ton tersebut memiliki panjang 10 kilometer dan lebar 3 meter serta bahu jalan satu meter.

Peresmian jalan ini merupakan tindak lanjut atas Kesepakatan Bersama antara Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan Bupati Situbondo tentang Pelestarian Fungsi Kawasan Taman Nasional Baluran. Yakni melalui Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan Konservasi di Zona Khusus Labuhan Merak (Eks HGU PT Gunung Gumitir) pada tanggal 3 September 2020.

“Pantai Sijile ini indah sekali, terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan dan berbagai biota laut lainnya pun masih terjaga dengan baik. Ini menjadi daya tarik yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga:  Peringatan HKG PKK Ke-51, Gubernur Khofifah Ingatkan 3 Tiga PR Utama PKK yaitu Ketangguhan Keluarga, Turunkan Stunting dan Tekan Pernikahan Usia Dini

Khofifah menyatakan, bahwa keindahan Pantai Sijile tidak perlu diragukan karena Pantai ini masih belum terjamah alias masih perawan. Apalagi ada tujuh pantai lain yang bersambung di Situbondo yang juga masih perawan sehingga panorama yang ditawarkan sangat natural dan original.

“Arus air laut di pantai ini tenang, nyaris tak ada riak dan tak terlalu dalam. Sangat cocok untuk berenang maupun wisata air lainnya. Jadi bagi masyarakat Jawa Timur yang berkunjung ke Situbondo harus mampir menikmati keindahan Pantai Sijile,” tambahnya.

Terkait dukungan infrastruktur, Khofifah menyampaikan akan terus diihtiarkan oleh Pemkab Situbondo serta Pemprov Jatim untuk meningkatkan aksesibilitas infrastruktur wisata yang ada di Situbondo. Menurutnya, Situbondo memiliki banyak pantai sehingga membutuhkan dukungan infrastruktur guna pengembangan sektor pariwisata.

“Pembangunan infrastruktur akan dilakukan secara bertahap, harapannya jika sektor pariwisata semakin berkembang maka kesejahteraan masyarakat sekitar pun akan meningkat,” pungkasnya. (tis)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.