Akseptabiltas Prabowo Melejit, Kader Gerindra Jatim Makin Optimis Hadapi Pemilu 2024

oleh -376 Dilihat

 

SabdaNews.com – Ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melejit sebagai ketum parpol yang paling disukai berdasarkan hasil survei litbang kompas. Survei tersebut, kata anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim Aufa Zhafiri menunjukkan bahwa masyarakat saat ini lebih menginginkan sosok Prabowo untuk menjadi presiden Indonesia kedepan.

“Hasil survei ini tentunya menjadi penyemangat kami sebagai kader Partai Gerindra kalau pak Prabowo sangat diinginkan masyarakat untuk memimpin Indonesia pengganti pak Jokowi,” kata Aufa Zhafiri, Rabu (22/2/2023).

Menurut Aufa, alasan terbesar masyarakat memilih Prabowo karena dianggap memiliki kemampuan/kapabilitas dalam memecahkan masalah-masalah yang tengah dihadapi Indonesia. Diantaranya masalah keamanan nasional dan tentu krisis pangan yang tengah mengintai dunia.

“Buktinya setiap lembaga survei saat melakukan survei selalu menempatkan pak Prabowo teratas dalam hasil surveinya. Ini bukti masyarakat sangat percaya sekali dengan kemampuan beliau jika nanti memimpin Indonesia,” dalih anggota DPRD Jatim asal Dapil Malang Raya ini.

Tak hanya itu, kata Aufa, sosok Prabowo Subianto dalam menjalankan tugas kenegaraan, tak pernah dimanfaatkan untuk pencitraan ke publik.

“Beliau itu apa adanya atau tidak pencitraan dan loyalitas terhadap Presiden selama menjadi Menhan RI. Inilah salah satu bagian yang disuka masyarakat terhadap sosok Prabowo Subianto. Dan tentunya masih banyak alasan lainnya masyarakat suka sosok Prabowo Subianto,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, Litbang Kompas merilis survei terkait tingkat popularitas dan akseptabilitas ketua umum parpol dalam memberikan pengaruh ke elektoral partainya di Pemilu 2024.

Baca Juga:  Jaringan Gawagis Nusantara Gresik Dukung Prabowo-Gibran Satu Putaran

Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berada di tingkat paling atas secara popularitas, sedangkan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi yang tertinggi dalam hal akseptabilitas (tingkat kesukaan atau penerimaan).

Litbang Kompas juga menyatakan ada tiga hal yang menjadi modal dalam menopang elektoral partai politik di Pemilu 2024. Modal tersebut yakni popularitas dan akseptabilitas partai politik, potensi pemilih tetap, dan efek ketua umum partai.

Di poin ketua umum partai ini, Litbang Kompas merilis aspek popularitas dan akseptabilitas tokoh-tokoh. Pada aspek popularitas, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati berada di tingkat teratas dengan angka 94,9%, diikuti Prabowo yang mendapat angka 94,5%. Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mendapat angka popularitas 59,9%.

Sedangkan dari aspek akseptabilitas, Prabowo Subianto berada di tingkat teratas dengan angka 72,2%. Posisi kedua ditempati Megawati dengan 51,8% dan ketiga AHY dengan angka 37,1%.

Survei periodik Litbang Kompas dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 25 Januari-4 Februari 2023. Total ada 1.202 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Tingkat kepercayaan survei menggunakan metode ini mencapai 95 persen dengan margin of error +- 2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Litbang Kompas menyatakan kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi. (tis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.