AHY Ajak Komunitas Pecinta Alam Bantu Promosikan Pariwisata

oleh -434 Dilihat

BATU.SabdaNews.com – Overlanding Indonesia terus berupaya mengangkat potensi alam yang ada di Indonesia supaya bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitar. Bahkan Overlanding Indonesia juga menggandeng beberapa komunitas pecinta alam seperti traveler, adventur maupun campaing untuk ikut mempromosikan keindahan alam di kawasan Cuban Rondo, Kabupaten Malang.

Tidak tanggung-tanggung, Founder (pendiri) Overlanding Indonesia yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut hadir menikmati keindahan Coban Rondo didampingi Ketua Overlanding Indonesia Renville Antonio pada Kamis (9/2/2023).

Selain berkeliling menggunakan kendaraan ATV bersama teman-teman Overlanding Indonesia asal Sumatera Utara dan Lampung, Bahkan meski kondisi hujan AHY masih menyempatkan diri berbaur dan berdialog dengan komunitas pecinta alam yang ada di Malang Raya dalam acara malam gembira.

“Kita menyapa komunitas yang memang hobby camping, adventure dan termasuk malam hari ini kita melakukan malam gembira bersama teman-teman yang ada di tengah kesunyian malam alam Cuban Rondo. Dan tentunya kehadiran kami disini sebagai founder dari Overlanding Indonesia,” kata AHY, Kamis (9/2/2023).

Diakui AHY, wilayah Malang Raya ini memiliki keindahan alam yang luar biasa sehingga banyak menjadi obyek wisata. “Promoisi pariwisata dan keindahan alam Indonesia itu bisa dilakukan melalui wahana media sosial yang kita miliki, sehingga semakin banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang berkunjung,” terangnya.

Baca Juga:  70 Persen Program Bantuan Pemprov Jatim ke Mojokerto Sukses Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Sebelumnya AHY juga berkunjung ke wisata agro Petik Apel Tulungrejo, Kota Batu. “Disitu kita ketahui ada jenis apel anna yang ternyata memiliki cita rasa berbeda, yang ini bisa di promosikan menjadi salah satu apel andalan Kota Batu. Belum lagi pemandangan alamnya juga cukup indah. Bisa dipadukan nantinya. Misal wisata alam petik mangga,” dalihnya.

Putera sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono  (SBY) ini menjelaskan kenapa dirinya tergerak untuk mendirikan komunitas Overlanding Indonesia. Hal itu AHY untuk mewadahi orang-orang yang gemar menjelajahi nusantara, baik alamnya yang begitu indah maupun budayanya yang beraneka ragam.

“Tujuan komunitas ini untuk menjalin dan mengikat tali persaudaraan sesama warga bangsa, sekaligus merawat keberagaman Indonesia. Salah satu aktivitas yang khas dari kami adalah safari nusantara menggunakan kendaraan darat,” jelas AHY sambil menikmati hangatnya kopi dan makanan polo pendem  yang disajikan dalam ngobrol santai itu.

Inspirasi membentuk Overlanding indonesia karena kekagumannya dengan  keanekaragaman alam dan budaya di setiap tempat yang dikunjunginya. Sampai akhir 2020, AHY mengaku sudah mengunjungi 34 provinsi dan lebih dari separuh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, baik lewat jalur udara, laut maupun darat yang sudah pasti lebih sering ditempuh dengan jip double cabin favoritnya.

“Overlanding indonesia saya dirikan tahun 2020 itu untuk mengusir kejenuhan karena saat itu masa pandemi covid-19, dimana semuanya masih harus bekerja dari rumah dab serba sulit untuk beraktivitas,” ungkap AHY.

Baca Juga:  Pelebaran Jalan Exit Tol Manyar - Pertigaan Leran Dikebut

Diantara misi Overlanding Indonesia adalah mempopulerkan dan mempromosikan keindahan alam nusantara maupun berbagai potensi pariwisata dan tentunya berharap bisa menggerakkan ekonomi kreatif pelaku UMKM di daerah sekitar lokasi wisata.

“Kami juga melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan. Seperti misalnya ketika bencana alam di wilayah Sumatera Barat di Pasaman beberapa waktu lalu kami datang untuk memberikan bantuan, paling tidak untuk mengurangi beban masyarakat yang tertimpa bencana. Begitu pula di Cianjur,” ungkap AHY.

Untuk memajukan pariwisata, kata AHY tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah tetapi perlu melibatkan seluruh elemen bangsa sehingga diperlukan kebersamaan. Termasuk menggandeng komunitas-komunitas pecinta alam seperti Overlanding Indonesia, traveler, adventur, campain dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan ngobrol santai ini, tampak keakraban tersaji antara AHY, Renville Antonio dengan bebebrapa komunitas pecinta alam yang ada. Suasana yang cair disertai canda tawa itu pun mampu menghangatkan malam di Cuban Rondo tersebut. (pun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.