Wujudkan Kecamatan Dukun Sehat Bebas Polio Ratusan Anak Mendapatkan Imunisasi Polio Gratis Kerja Bareng Tim Kesehatan Puskesmas Mentaras

oleh -307 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com-Demi mewujudkan Kecamatan Dukun Gresik Sehat bebas polio sebanyak 450 anak mendapatkan imunisasi polio gratis kerja bareng Tim Kesehatan Puskesmas Mentaras dan Kader PKK Desa Tebuwung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik.  Kegiatan Sub PIN Polio tersebut berlangsung di Halaman Masjid Jami’ Tebuwung yang juga melibatkan Stokholder Pemdes dan guru di lembaga Pendidikan di Desa Tebuwung (16/01/2024)

dr H. Ahmad Syafi’ M.si Kepala Puskesmas Mentaras berharap, peran lintas sektoral tokoh masyarakat, tokoh Agama menjadi peran penting dalam membangun kerjasama dan mensukseskan Sub Pin Polio,” maka kerjasama ini tentu harus dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk kemanfaatan warga dan umat,”

“Dengan tujuan Sub Pin Polio bisa memberikan kekebalan terhadap penyakit polio kepada anak dan balita ia juga pesan PHBS menjadi perilaku yang sangat penting untuk kita gerakkan perilaku sehari hari dalam kegiatan dan aktivitas apapun.

“Imunisasi ini juga dapat memberikan perlindungan tambahan pada sistem kekebalan tubuh dari penyakit polio dan dapat mengurangi risiko penularan, serta menurunkan tingkat penularan dari satu orang ke orang lain mengurangi dampak berat atau komplikasi saat terserang virus polio,” pungkas dr Syafi’

Sementara itu PJ Kades Tebuwung Bambang Asyfali dalam sambutanya mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah surat edaran Menkes RI Nomor : IM.02.03./Menkes/1051/2023. Tentang pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub Pin). Beberapa kasus ditemukan KLB Polio baik di jateng maupun di jatim,” Alhamdulillah hari ini di Kecamatan Dukun Khususnya Puskesmas Mentaras bisa melaksanakan kegiatan Sub Pin Polio di Halaman Masjid Jami’ Tebuwung.

Baca Juga:  Dihadiri Raja-Raja Nusantara, Sidang Paripurna DPD RI Sepakati Penguatan Sistem Bernegara

“Putaran pertama mulai 15-21 Januari 2024, sedangkan putaran kedua di mulai pada tanggal 19-25 Pebruari 2024 sedangkan sasaran imunisasi polio, yaitu semua anak usia 0-7 tahun (7 tahun 11 bulan 29 hari) tanpa memandang status imunisasi sebelumnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, jumlah peserta yang mengikuti Sub pin Polio Desa Tebuwung sebanyak 450 sedangkan target Puskesmas Mentaras dan Dukun sekitar 3.385 anak yang akan mengikuti Polio. “Pelaksanaan imunisasi ini merupakan program pemerintah yang tidak dipungut biaya alias gratis,” tandas Bambang Asyfali.

Acara Sub Pin Polio bertambah meriah saat kehadiran Camat Dukun Gunawan Purna Atmaja ia mewawancarai atau menanyakan beberapa siswa yang di imunisasi polio ” gimana anak anak di imunisasi polio ini di suntik apa ditetes semua kompak menjawab di tetes gimana rasanya? Juga kompak menjawab Enaak,” dan pertanyaan satu lagi yang disampaikan oleh Camat Dukun “Siapa Ketua NU Kecamatan Dukun..” langsung dijawab Pak Sholeh dengan polosnya oleh Zafran siswa kelas 1 MI Alkarimi dan Camat Dukun membagi uang 10 ribuan bagi peserta Sub pin Polio yang bisa menjawab pertanyaan.

Turut hadir pada kegiatan ini KH. Moh Sholeh MAg, selaku ketua takmir Masjid Jami’ dan Ketua Tanfidziyah MWC NU Dukun, Kader PKK, Guru pendamping dan wali murid, anggota Danramil, Satpol PP perangkat Desa, Kesra Kecamatan Dukun dan tokoh Masyarakat (Syafik Hoo/Red)

Baca Juga:  Prestasi dan Kinerja Tinggi Pemprov Jatim Menarik ASN Pemprov Sumbar Untuk Magang, Pj. Gubernur Adhy Berpesan Jadikan Budaya Kerja CETTAR Contoh Yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.