Ratusan Siswa UPT SMPN 10 Gresik Menulis Puisi Berjamaah Persembahan Istimewa di Momen Peringatan Hari Ibu

oleh -397 Dilihat

GRESIK , SabdaNews.com- Kreatif dan inovatif, kiranya layak disematkan pada Kepala Sekolah dan Dewan Guru UPT SMPN 10 Gresik. Betapa tidak, di tengah gencarnya imbauan Bupati, Wabup, dan Kadispendik Gresik untuk menggalakkan literasi, sekolah yang dulunya bernama SMPN Bungah ini langsung melakukan eksekusi dengan mengadakan kegiatan penguatan literasi.

Dengan mengusung tema “Kami Cinta Literasi Sepenuh Hati, Tunggu Karya Kami Menghiasi Bumi Wali”, tidak kurang dari 400 siswa kelas 7 dan 8 dengan penuh semangat menulis puisi berjamaah bertemakan ‘Ibu adalah Segalanya” di Musala Al Mubarokah UPT SMPN 10 Gresik.

“Bukan sekadar teori, kami langsung menghadirkan Penulis Buku “Telisik Hati” yang juga seorang jurnalis Bapak Didik Hendri untuk mengasah kemampuan siswa. Dan yang lebih penting lagi, usai kegiatan Penguatan Literasi ini, para siswa sudah bisa menghasilkan sebuah karya berupa Antologi Puisi, khusus bertemakan Ibu di momen sakral Peringatan Hari Ibu se-Dunia,” ujar Kepala UPT SMPN 10 Gresik H Daifi, S.Pd, M.Pd, Kamis (22/12/2022) bertepatan dengan Hari Ibu.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ustadz Muhammad Shobir, S.Ag, M.Ag menambahkan, penguatan literasi ini sangat penting untuk mengasah kemampuan siswa di dunia tulis menulis. Selama ini, UPT SMPN 10 Gresik juga telah menggalakkan literasi dengan membiasakan seluruh siswa menggunakan 4 bahasa sesuai jadwal yang ditentukan, yakni Bahasa Indonesia, Jawa, Inggris dan Bahasa Arab.

Baca Juga:  Buruh Tolak UMP Jatim 2024, Siapkan Demo Besar 30 November Mendatang

“Bahkan sebelumnya, para siswa juga pernah membuat Buku Antologi yang berisi cerita tentang asal usul desanya masing-masing. Dan hasilnya tidak mengecewakan alias cukup memuaskan berkat bimbingan Bapak Ibu Guru. Dan kali ini, di momen Hari Ibu, para siswa kembali membuat Buku Antologi berupa kumpulan puisi, khusus bertemakan “Ibu adalah Segalanya”. Semoga karya siswa kami bisa segera menghiasi jagad literasi Bumi Wali,” ucap Ustadz Shobir penuh semangat.

Tak kalah semangat, Penulis Buku “Telisik Hati” dan “Perang Tanpa Pasukan” yang juga seorang jurnalis di Kabupaten Gresik ini mengaku senang dan bersyukur bisa membersamai ratusan siswa UPT SMPN 10 Gresik yang begitu antusias menggeluti dunia literasi.

“Alhamdulillah, berkat gemblengan seluruh dewan guru, para siswa memiliki kemampuan di dunia literasi. Terlebih, setiap siswa sesungguhnya memiliki potensi. Tinggal diberi motivasi, dibakar semangatnya, lalu diarahkan sesuai dengan imajinasi yang bergejolak di lubuk sanubari. Bismillah, jadilah Antologi Puisi yang bakal turut mewarnai jagad literasi Bumi Wali,” ungkap Didik Hendri yang kini tengah menuntaskan bukunya yang berjudul “Saat Hati Pensiun Dini” ini. (Red) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.