Petrokimia Gresik Sulap Lahan Pemakaman  Menjadi Moslem Memorial  Park Dan Kebun Sayuran

oleh -516 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia bersama dengan Takmir Masjid Nurul Jannah merenovasi lahan pemakaman di kawasan perusahaan menjadi Moslem Memorial Park (MMP) yang juga dipercantik dengan Kebun MMP dengan berbagai tanaman sayuran. Peresmian yang ditandai dengan panen bersama di Kebun MMP tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, baru-baru ini.

Dwi Satriyo menyampaikan bahwa, program ini merupakan salah satu wujud penerapan Sistem Manajemen Lingkungan serta upaya perusahaan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kualitas lingkungan dan pelestarian alam. Saat ini lahan pemakaman yang diperuntukan bagi warga Kelurahan Ngipik, karyawan dan karyawati serta purnatugas tersebut memiliki nuansa yang lebih modern, nyaman dan aman.

“Awalnya kami melihat lahan pemakaman yang berada di kawasan Petrokimia Gresik tidak seperti ini sebelumnya, sehingga menjadikan tempat ini kurang diketahui oleh warga sekitar sehingga penggunaannya kurang optimal. Melihat kondisi tersebut kami berinisiatif melakukan renovasi,” tandas Dwi Satriyo.

Selain merenovasi lahan pemakaman, Petrokimia Gresik juga melakukan peremajaan pada lahan sekitar menjadi kebun yang ditanami berbagai macam komoditas sayuran seperti bayam, kangkung, sawi, selada, terong, cabai rawit dan cabai besar.

“Pengurus Masjid Nurul Jannah nantinya berperan sebagai pengelola Moslem Memorial Park, dan Petrokimia Gresik sebagai pengelola Kebun MMP di area Moslem Memorial Park ini,” tandasnya

Baca Juga:  MH Rofiq Desak Pemprov Jatim Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Puasa

Adapun teknologi budidaya yang diaplikasikan pada kebun tersebut menggunakan rekomendasi pemupukan berimbang Petrokimia Gresik, diantaranya mengaplikasikan pembenah tanah Kapur Pertanian (Kaptan), Pupuk Organik Petroganik Premium, Pupuk Phonska Plus, Pupuk ZA Plus dan Pupuk Phosgreen yang mampu meningkatkan produktivitas tanaman dan mutu hasil panen.

“Panen di lahan Kebun Moslem Memorial Park ini hasilnya dapat dibeli oleh warga sekitar, maupun karyawan Petrokimia Gresik. Pendapatannya akan dimanfaatkan kembali untuk pemeliharaan kebun sehingga terciptanya siklus pertanian yang berkelanjutan di Kawasan Petrokimia Gresik,” jelas Dwi Satriyo.

Lebih lanjut ia menjelaskan, program ini memperkuat komitmen Petrokimia Gresik sebagai perusahaan yang berwawasan lingkungan. Selain itu MMP dapat menjadi fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh warga Kelurahan Ngipik, karyawan dan para pensiunan Petrokimia Gresik.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada warga sekitar dengan pemanfaatan lahan pekarangan menjadi kebun yang dapat ditanami sayuran, sehingga semakin menguatkan komitmen bersama dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui pertanian berkelanjutan dengan penyediaan produk-produk solusi agroindustri,” pungkas Dwi Satriyo.( Redaksi )

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.