Muslimat NU Umbulsari Kesulitan Jual Produk ke Swalayan

oleh -393 Dilihat

JEMBER.SabdaNews.com – Muslimat NU Kecamatan Umbulsari Jember menyampaikan aspirasinya ke Anggota DPRD Jawa Timur Deni Prasetya saat menggelar serap aspirasi di Dusun Kandangrejo, Desa Sukoreno, Kecamatan Umbulsari Jember.

Deni mengaku dalam aspirasi, banyak emak-emak yang merupakan kader Muslimat kesulitan modal usaha. Emak-emak ingin mengembangkan produk usahanya.

“Terkait pengembangan produk usaha saat ini, misalnya biasanya mampu produksi 10 buah kami ingin berkembang menjadi 30 buah,” ujarnya, Jumat (14/7/2023).

Politisi asal Partai NasDem itu menegaskan, modal yang dibutuhkan emak-emak bukanlah uang. Tetapi mereka menginginkan adanya bantuan berupa peralatan sehingga dapat menambah kapasitas produksi.

“Jadi modal usaha bukan berupa uang, tapi berupa peralatan dan juga Kapasitas produksi,” tuturnya.

Problem lain yang disampaikan emak-emak adalah kesulitan memasarkan produknya ke swalayan dan minimarket yang ada di Jember. Termasuk di luar daerah.

Deni menjelaskan, emak-emak mengaku kesulitan memasukkan produknya ke swalayan besar dan minimarket karena persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah tidak dipenuhi oleh pelaku UMKM dari kalangan emak-emak. Seperti halnya ijin edar, Nomor Induk Berusaha (NIB). Akibatnya daya jual produk UMKM sangat minim.

“Dari situ ada hal yang mendasar adalah ijin usahanya. Memang usaha sudah ada. Cuma daya jual masih minim. Termasuk ijin usahanya, seperti UMKM harus ada NIB. Jadi kalau jual olahan itupun harus ada ijin edar. Itu tidak ada,” ungkapnya.

Baca Juga:  Inilah Upaya Kades Ajir Bersama Pemdes Klangonan Bangkitkan Ekonomi Melalui Tanaman Hidroponik

Deni berjanji akan membantu emak-emak untuk mendapatkan persyaratan, seperti halnya ijin edar, NIB. Jika persyaratan sudah lengkap, Deni akan memfasilitasi untuk bertemu dengan tim dari Disperindag, Dinas Koperasi dan UMKM Jatim.

Selain itu pelaku UMKM nantinya akan diberi pelatihan-pelatihan dalam hal packaging. Mengingat ,saat ini pelaku UMKM hanya membungkus produknya dalam bentuk biasa.

Diakui Deni di wilayah Kecamatan Umbulsari, banyak berdiri swalayan besar dan minimarket. Emak-emak Muslimat NU harus mempunyai prinsip produk jualan bisa tembus di luar pulau. Bahkan kalau bisa ke luar negeri.

“Muslimat PAC Umbulsari masuk notabene PC Kencong. Karena saat ini Cabang Kencong berkembang pesat terkait swalayan. Harapan pula produk-produk muslimat bisa masuk kesana,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu dilakukan penyerahan seragam kepada kader Muslimat NU Umbulsari Jember oleh Anggota DPRD Jatim Deni Prasetya. (pun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.