Kodim Gresik Ajarkan Disiplin Karakter Kepada Pelajar SMA NU 1 Gresik

oleh -512 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com-  Sebanyak 506 siswa dan siswi SMA NU 1 Gresik, kelas X dan XI mengikuti kegiatan pelatihan pendidikan Disiplin Karakter yang diberikan langsung oleh Prajurit Kodim 0817/Gresik, bertempat di Lapangan Upacara Makodim 0817/Gresik. Senin(9/1/2023).

Sebelumnya seluruh siswa dengan didampingi oleh Kepala sekolah, Drs. H. Agus Syamsudin, M.A., dan Guru pembimbing turut mengikuti kegiatan Upacara Bendera bersama seluruh Personil Jajaran Kodim 0817/Gresik dengan Inspektur Upacara, Dandim 0817/Gresik, Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, S.Sos. dan seluruh siswa melaksanakan pengecekan kesehatan sebelum menerima pelatihan.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0817/Gresik menyampaikan dalam amanatnya yang intinya bahwa, Kodim 0817/Gresik merasa bangga dan menyambut baik serta positif kegiatan Pelatihan Disiplin Karakter kepada selutuh  Siswa SMU NU 1 Gresik.

“Kami Kodim 0817/Gresik merasa Bangga turut andil dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang nantinya akan memiliki disiplin karakter, walupun waktu yang disediakan sangat singkat ini, saya harap dapat dimaksimalkan dengan baik untuk membekali dan turut membantu membentuk karakter, sifat dan sikap kalian khususnya dalam hal Disiplin, Loyalitas dan tanggung jawab, Mengenalkan dan mengajak kalian untuk mengetahui NKRI, Nasionalisme dan Bela Negara, karena kalian adalah generasi muda penerus dan penyambung estafet kepemimpinan di negeri ini.”tuturnya.

Selain itu Dandim juga mengajak untuk terus peduli dengan lingkungan, untuk lebih semangat dalam belajar dan memantapkan apa yang menjadi cita-citanya dengan mempersiapkannya dengan baik.

Baca Juga:  Bupati Berharap Penduduk Gresik Terlayani UHC

“Semua ini membutuhkan pengorbanan dan berproses dan harus benar-benar dipersiapkan, saya tekankan kepada seluruh siswa, agar melaksanakan kegiatan dengan baik, ikuti seluruh instruksi agar seluruh siswa dapat menyerap semua ilmu yang disampaikan oleh para pelatih, Patuhi dan taati segala peraturan yang berlaku sebagai sarana untuk membentuk sikap disiplin.”jelasnya.

Sambungnya, “Siapkan fisik dan mental, semangat juang yang tinggi, pantang menyerah serta senantiasa pelihara kekompakan sesama siswa yang didasari semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan. Hindari segala perbuatan yang tidak terpuji yang dapat merusak citra SMU NU 1 Gresik selama kegiatan dan dimanapun kalian berada. Dan yang terpenting tetap kesehatan, karena kesehatan itu sangat penting.”pesan Dandim.

Dilokasi yang sama, Waka Kesiswaan SMU NU 1 Gresik, Luluk Ernawati menuturkan bahwa, pelakanaan pelatihan karakter pendidikan yang diselenggarakan di Kodim 0817/Gresik akan berlangsung selama 2 tahap, kelas X sebanyak 240 siswa dimulai pada hari Senin hingga Rabu sedangkan Kelas XI sebanyak 266 siswa dimulai pada hari Kamis hingga Sabtu.

“Untuk menghadapi era globalisasi diharapkan para siswa dengan memiliki disiplin karakter yang baik nantinya akan mampu berkompetisi, karena kunci sukses pendidikan berawal dengan memiliki karakter disipin yang baik, dulu disaat pandemi, karakter, mental dan disiplin serta semangat belajar para siswa sangat menurun, sehingga diawal semester ini kami sengaja bekerjasama dengan Kodim 0817/Gresik untuk melakukan pembinaan pendidikan kedisiplinan kepada para siswa, agar mereka mampu meningkatkan rasa nasionalisme, memiliki jiwa kebersamaan, persatuan dan kesatuan dalam proses belajar di sekolah dan di lingkungan tempat tinggalnya.”tuturnya.

Baca Juga:  KKMI Dukun Sosialisasikan Updating Emis, Simpatika Dan Asasmen Madrasah

Sambungnya, “Kami yakin dengan dibina langsung oleh Bapak-Bapak TNI dari Kodim Gresik anak didik kami menjadi lebih disiplin, dan saya membuktikan langsung saat meraka dilatih Peraturan Baris Berbaris (PBB) di lapangan, terasa sekali perubahannya, mereka lebih jauh lebih disiplin dan mematuhi semuai instruksi yang disampaikan oleh Pelatih, saya merasa bangga dan lega, kegiatan seperti ini akan kami laksanakan secara berkelanjutan.”pungkasnya.(Pen0817/Rahayu/Red).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.