Buka Pergama IV, Kakak Aminatun Habibah Berikan Motivasi Menjadi Pramuka Produktif

oleh -400 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Perkemahan Pramuka Penggalang Ma’arif NU (PERGAMA) ke IV digelar, Jumat (20/1/2023). Kegiatan dibuka Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gresik, Kakak Aminatun Habibah, sekaligus Wakil Bupati Gresik. Dalam pembukaannya, wabub mengatakan Pramuka merupakan cikal bakal dari generasi muda yang produktif.

“Melihat kondisi saat ini, masih banyak pemuda yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, adik-adik sekalian nanti harus menjadi seorang Pramuka produktif yang memiliki jiwa kreatif dalam bidang apapun.” ujar wabup di depan para peserta Pergama IV di Bumi Perkemahan Desa Tebuwung, Kecamatan Dukun.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat dari 8,42 juta pengangguran di Indonesia, 59% berasal dari rentang usia 15-29 tahun. Sehingga perlu adanya pembinaan terkait produktivitas sejak dini.

Selain itu, Kakak Aminatun juga membeberkan, bahwa Pramuka adalah media dalam membentuk moral anak bangsa. Terlihat para tamu undangan dari Forkopimcam Dukun setuju dengan perkataan wabup.

“Proses membentuk kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia adalah dengan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Ini bertujuan untuk menjadi warga Negara Indonesia yang setia dan patuh pada NKRI.” katanya.

Sebagai informasi, Pergama IV kali ini diikuti oleh 71 regu dari 10 kecamatan di Kabupaten Gresik. Para regu tersebut terdiri dari 32 regu laki-laki dan 39 regu putri, dengan total peserta 710 siswa Madrasah Ibtidaiyah.

Baca Juga:  Bangga Seru! Ning Nurul, Bunda PAUD Kabupaten Gresik Raih Penghargaan Tingkat Nasional Dari Kemendikbudristek RI

Selama tiga hari kedepan, mereka akan diberikan berbagai macam materi dan perlombaan. Yang meliputi bidang religius (sholat berjama’ah,

tahlil, istighosah), teknik kepramukaan (upacara, pendirian tenda, sandi, morse, semaphore, peonering), dan seni budaya (kreasi seni, damar kurung, karnaval budaya). Kesehatan  (senam pagi), Permainan Ketangkasan, dan daya nalar serta pentas seni kreasi peserta.

Turut hadir pada Giat Pergama VI Ketua MWC NU Dukun KH Moh Sholeh, Ketua LP Maarif NU Cabang Gresik H. Moh Mujib, Kepala Madrasah di bawah Naungan Maarif, Banom Fatayat, Kades Tebuwung dan Sako Pramuka kecamatan Dukun (Syafik Hoo/Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.