Beri Penghargaan Desa Lestari Berencana, Ning Nurul Ingatkan Untuk Terus Meningkatkan Pelayan Posyandu

oleh -427 Dilihat

GRESIK, SabdaNews.com- Sebanyak 6 desa menjadi pemenang dalam lomba Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana. Saat memberikan penghargaan, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Nurul Haromain Ali Akhmad Yani mengingatkan, untuk terus meningkatkan pelayanan posyandu dan kesehatan.

“Saya harapkan dengan awarding ini dapat meningkatkan pelayanan posyandu dan kesehatan. Utamanya dalam menurunkan angka stunting di desa masing-masing. Juga meningkatkan cakupan program Keluarga Berencana (KB).” ujarnya kepada para kepala desa pemenang atau yang mewakili, di Hotel Harris Surabaya, Rabu (28/12/2022).

Lomba ini telah berlangsung sekitar 3 minggu. Diawali dengan pencanangan, penjurian, kunjungan monitoring evaluasi keenam desa terpilih, dan terakhir awarding atau penghargaan.

Lebih lanjut, Ning Nurul sapaan akrab Ketua TP PKK Kabupaten Gresik mengatakan, program ini merupakan program terpadu pemerintah dengan Dinas Kesehatan, Dinas KBPPPA, PKK, dan Dinas PMD. Tujuannya untuk membina pelaksanaan program kesehatan, pelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

“Dengan menjalankan program ini, menjadi wujud untuk bersama-sama mengevaluasi dan memonitoring, sebagai bagian dari pemerintah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.” ujarnya

PLT. Kepala Dinas KB, PP, dan PA Kabupaten Gresik Ummi Khoiroh menambahkan, dengan adanya awarding ini dapat menjadi jalan dalam mencetak desa yang inovatif. Utamanya, dalam hal posyandu dan kesehatan anak beserta orang tua.

“Besar harapan kami, 6 desa di 6 kecamatan ini dapat mengawali kegiatan awal tahun dengan sharing. Karena banyak inovasi-inovasi yang dapat ditiru dan dimodifikasi agar dapat mengantarkan masyarakat Gresik menjadi lebih baik.” ujarnya.

Baca Juga:  KKMI Dukun Gelar Workshop Fokus Penilaian P5

Sebagai informasi, kategori pemenang dalam awarding ini meliputi tiga juara utama dan tiga juara harapan. Masing-masing adalah Juara I Desa Ketanen Kecamatan Panceng, Juara II Desa Sungonlegowo Kecamatan Bungah, Juara III Desa Jrebeng Kecamatan Dukun, Juara Harapan I Desa Petiken Kecamatan Driyorejo, Juara Harapan II Desa Banyuurip,Kecamatan Kedamean, dan Juara Harapan III Desa Racikulon, Kecamatan Sidayu.

Selain trofi, para pemenang juga mendapatkan uang pembinaan. Juara I Rp. 6 juta, Juara II Rp. 4,5 juta, dan Juara III senilai Rp. 3,5 juta. Sedangkan untuk juara harapan mendapatkan uang pembinaan dalam jumlah yang sama, yaitu senilai Rp. 1.5 juta. Selanjutnya, untuk juara pertama akan mewakili Kabupaten Gresik dalam ajang yang sama di tingkat provinsi.

Acara kali ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik Mukhibatul Khusnah, anggota TP PKK Kabupaten Gresik, para camat bersama kepala desa pemenang atau yang mewakili. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.