Vanessa Angel Ikut Pap Smear Deteksi Dini Kanker Serviks

– Fatma Foundation sasar tahanan perempuan Rutan Medaeng

SabdaNews.com – Vanessa Angel artis yang tersangkut prostitusi online ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi dan cegah dini kanker serviks dan payudara yang diselenggarakan Rutan perempuan kelas IIA Surabaya bekerjasama dengan Yayasan Fatma Foundation, Sabtu (13/4/2019) lalu.

Fatma Saifullah Yusuf selaku pendiri Fatma Foundation ikut turun langsung bersama tim dokter specialis obstetri dan ginekologi serta armada bus khusus untuk pemeriksaan pap smear maupun payudara.

“Penyuluhan dan pemeriksaan terhadap perempuan warga binaan kali ini merupakan bagian dari program yang terus dijalankan sejak Fatma Foundation dilaunching pada 4 Februari 2019 silam. Ini juga bagian dari peringatan Hari Kartini,” kata istri mantan Wagub Jatim ini.

Dijelaskan Fatma, program Fatma Foundation ini bersifat promotif dan preventif sehingga lebih mengedepankan penyuluhan dan pencegahan dengan deteksi dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara.

“Kami ingin membantu pemeriksaan dini secara gratis, sehingga mereka yang terdeteksi gejala tumor atau kanker, diharapkan bisa segera ditangani dan diobati sehingga tidak menjadi kanker stadium lanjut,” jelasnya.

Penyakit kanker tidak mengenal tempat, baik itu di luar maupun di dalam Rutan, setiap wanita pasti berpotensi terserang kanker baik itu kanker payudara maupun serviks, sehingga menjadi penyakit yang mematikan untuk saat ini.

“Dengan penyuluhan dan pemeriksaan pap smear kali ini, para perempuan warga binaan di Rutan Medaeng, diharapkan bisa terdeteksi secara dini potensi terjangkit kanker,” ungkap Fatma Saifullah Yusuf.

Sementara itu, Teguh Pamuji Plt. Kepala Rutan Perempuan kelas II A Surabaya mengaku sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Fatma Faoundation ini. Terlebih mau memperhatikan kondisi perempuan yang tinggal di Rutan yang jelas lebih rentan dibanding orang-orang yang tinggal di luar Rutan.

“Kondisi di dalam Rutan ini khan masih belum ideal apalagi sampai overload, sehingga faktor kebersihan dan higienitas juga tak ideal. Kami sangat berterima kasih atas perhatian yang diberikan Fatma Foundation,” tutur Teguh Pamuji.

Setelah diberikan sosialisasi cegah dini kanker serviks dan payudara, dilanjutkan dengan pemeriksaan pap smear di dalam bus khusus milik Fatma Foundation ang diikuti sebanyak 157 peserta dari warga binaan yang hadir.

Vanessa Angel merupakan salah satu tahanan yang dititipkan di Rutan Medaeng juga tampak mengikuti dengan suka cita dan gayeng ketika mendengarkan penyuluhan kanker serviks dan payudara. Bahkan secara sukareka dia juga ikut pap smear.

“Kami senang ada yayasan seperti Fatma Foundation yang begitu peduli kepada warga binaan dan sangat memperhatikan kesehatan kami. Terima kasih kepada ibu Fatma semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan terutama untuk warga binaan yang mungkin tidak setiap tahun bisa mengikuti pap smear,” kata Vanessa. (ud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *