Hadinuddin Terpilih Sebagai Ketua Pansus RPJMD Jatim

– DPRD Jatim Resmi Bentuk Pansus RPJMD 2019 – 2024

SabdaNews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur resmi membentuk Tim Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jawa Timur tahun 2019-2024.

Pembentukan pansus RPJMD ini ditetapkan melalui Sidang Paripurna DPRD Jatim, Kamis (14/3). Disaksikan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak.

Wakil Ketua DPRD Jatim, Kusnadi selaku pimpinan rapat paripurna mengatakan pansus tersebut akan bekerja secara efektif pasca turunnya rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendatang.

“Masa kerja itu dihitung dari turunnya rekomendasi dari Kemendagri mendatang, dan kami masih menunggu waktu Kemendagri memberikan rekomendasi. Memang, DPRD akhirnya memutuskan membentuk pansus sebelum turunnya rekomendasi tersebut,” ujar politisi asal F-PDI Perjuangan.

Lebih jauh ketua DPD PDI Perjuangan Jatim itu menjelaskan bahwa pembentukan Pansus ini dilakukan lebih cepat untuk percepatan pembahasan RPJMD. Mengingat, pada 17 April mendatang mayoritas anggota dewan akan disibukkan dengan kegiatan pemilihan umum serentak.

“Karena itu, kita selesaikan legal formalnya hari ini sementara bekerjanya secara efektif, nanti (setelah keluar rekomendasi),” beber Caleg DPRD Jatim dapil Sidoarjo ini.

Selama belum ada rekomendasi, Pansus Pembahasan RPJMD ini akan mempelajari rancangan awal RPJMD yang sudah dikirim Gubernur Khofifah. “Supaya lebih komprehensif, tidak terburu-buru, dan akan menyiapkan kebutuhan yang bersifat formal. Termasuk, administrasi dan pembentukan pimpinan pansus,” katanya.

Ia berharap bahwa pansus ini bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai target tenggat waktu yang ditentukan. “Kami juga menghitung, sepertinya pansus akan bekerja setelah pemilu. Namun, ada beberapa tugas yang memang tidak bisa ditinggalkan. Sehingga, harus ada penyesuaian,” pinta Kusnadi.

Terkait formasi kepemimpinan, Kusnadi menjelaskan bahwa Ketua Pansus menjadi jatah Fraksi Partai Gerindra. Sedangkan untuk Wakil Ketua menjadi tanggungjawab Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi Partai Golkar. “Pansus beranggotakan 20 orang. Masing-masing fraksi mengirimkan utusan. Sementara untuk Ketua Pansus kali ini menjadi kewenangan Fraksi Partai Gerindra,” bebernya.

Dalam keanggotaan Pansus, PKB dan PDI Perjuangan menjadi partai yang paling banyak mengirimkan anggota, yakni empat orang. Disusul Gerindra dan Demokrat dengan tiga orang, serta Golkar dengan dua orang. Sedangkan PAN, PKS, PPP, dan NasDem – Hanura masing-masing mengirimkan satu anggota.

Menurut Anggota Pansus dari Fraksi PKB, Anik Maslachah, rapat pansus menyetujui bahwa Ahmad Hadinuddin menjadi Ketua Pansus RPJMD Jatim untuk 2019-2024. Sedangkan Renville Antonio dari Fraksi Partai Demokrat dan Sahat Tua Simanjuntak dari Fraksi Partai Gerindra menjabat sebagai wakil ketua Pansus RPJMD.

“Susunan ini telah disetujui melalui rapat pansus di DPRD Jatim, dan Ketua Pansus ini langsung dipimpin Fraksi Gerindra, Hadinuddin dan Wakilnya Renville Antonio” tambah anggota Pansus RPJMD DPRD Jatim dari Fraksi Partai Gerindra, Aufa Zahfiri.

Ia menambahkan, bahwa Komposisi pimpinan pansus untuk menentukan arah pembangunan Jatim lima tahun kedepan. “Pansus RPJMD ini bekerja setelah ada surat rekomendasi Mendagri selama 10 hari dengan masa tugas 40 hari dan bisa diperpanjang maksimal 6 bulan,” pungkas caleg DPRD Jatim dapil Malang Raya. (tis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *