Forkopimda Gresik Dekalarasikan Bersama Program Pembinaan Terpadu PKM Sehat Lestari Terencana

0
48

GRESIK, SabdaNews.com- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani bersama Dinas KBPPPA Kabupaten Gresik menginisiasi kegiatan launching dan sosialisasi pembinaan terpadu PKK sehat lestari terencana Kabupaten Gresik tahun 2021 hari Selasa (23/11).

Kegiatan yang diadakan di Pendopo Kabupaten Gresik ini dihadiri secara langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang juga merupakan ketua tim pembina PKK Kabupaten Gresik, Forkopimda Kabupaten Gresik, jajaran camat, kepala Puskesmas, kepala OPD terkait di lingkungan pemerintah Kabupaten Gresik serta pembina PKK di Kabupaten Gresik.

Ning Nurul, panggilan akrab Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani menyampaikan, gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga ini bertujuan untuk mencapai kesejahteraan keluarga, progam keluarga berencana dan pembanvunan kesehatan nasional yang terkait dengan 10 program PKK, khususnya kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

Menurut dia, PKK kembali menyelenggaran program baru yaitu program PKK sehat lestari berencana yang sebelumnya adalah program kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan.

“Saya sangat berharap melalui kegiatan ini, kedepannya kita dapat meningkatkan komitmen dari dinas terkait yang hadir untuk bisa mendukung program ini. Dimana penekanannya antara lain adalah penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), penurunan angka stunting, penyuluhan kepada masyarakat untuk menghidupkan lingkungan yang bersih dan sehat, pelayanan KB serta mendukung program vaksin Covid-19,” jelas Ning Nurul.

Selain itu, Ning Nurul juga menjelaskan bahwa program ini juga sebagai bentuk monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan kader PKK kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat berprilaku bersih dan sehat, menjaga lingkungan masyarakat, berperan aktif memantau kesehatan balita melalui posyandu serta merencanakan keluarga yang sehat dan kesejahteraan keluarga yang berencana.

Meskipun kegiatan ini merupakan salah satu rangkaiam lomba, Ning Nurul menegaskan bahwa program ini tidak sekedar seremonial lomba saja, melainkan bisa dilaksanakan di kehidupan masyarakat sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan untuk membawa generasi Indonesia yang lebih sehat.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya juga berpesan bahwa sosialisasi ini tidak boleh berhenti di perlombaan saja. Hal ini karena program-program PKK memiliki peran yang penting dalam masyarakat sehingga wajib hukumnya untuk bisa direalisasikan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja, tetapi benar-benar terealisasi ditengah masyarakat. Karena semuanya berawal dari keluarga, pencegahan stunting hingga pencegahan narkoba semuanya berawal dari keluarga, ini sangat luar biasa jika kita bisa kelola dengan baik” ujar Bupati Yani.(lim)

Leave a reply