Gubernur Khofifah Soft Launching MTQ Jatim ke 29 Di Pamekasan –

Menyemai atmosfir qurani dari Jatim untuk Indonesia
0
148

PAMEKASAN.SabdaNews.com – Setelah sempat tertunda setahun akibat Pandemi Covid-19, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memastikan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 29 Tingkat Provinsi Jawa Timur akan digelar mulai tanggal 2-11 November 2021 di Pamekasan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Kepastian pelaksanaan MTTQ ke 29 tingkat Jatim ditandai dengan soft launching sekaligus melihat langsung persiapan tuan rumah penyelenggara didampingi Bupati Pamekasan Badrut Taman, Forkompimda Pamekasan, Kanwil Kemenag jatim serta sejumlah ulama dan tokoh masyarakat setempat.

“Seminggu lagi Pamekasan akan menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Quran di tingkat provinsi. Pesertanya 1.700 kafilah, jumlah yang sangat besar. Saatnya kita bersiap-siap bagaimana kata Pak Bupati termasuk sukses menjaga protokol kesehatan, jadi mohon semuanya bisa dijaga sebaik-baiknya,” kata Khofifah di Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Minggu (24/10/2021).

Perempuan yang juga Ketum PP Muslimat NU itu berharap penyelenggaraan MTQ tahunan bisa membentuk atmosfir yang qurani baik pikiran, hati dan perilaku yang qurani di seluruh wilayah Jatim maupun nasional.

“Inilah proses yang harus kita bangun, bagaimana kesantunan tatakrama nasional yang bisa menjadikan satu dengan yang lain tafahhum. Kalau ada perbedaan pendapat tidak serta merta kemudian melakukan punishment tetapi yang dilakukan adalah tabayyun,” harapnya.

Proses seperti inilah sebagai bangsa besar maka perbedaan pendapat umat adalah rahmat. Dia juga mengutip pernyataan Alm KH Hasyim Muzadi bahwa, “kalau orang salah paham itu biasa, tapi kalau pahamnya yang salah ini luar biasa membenahinya,” ingat Gubernur Khofifah.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga mengingatkan sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Apalagi moment prestesius MTQ Jatim 2021 ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Saya mohon kepada semua elemen peserta dari seluruh kabupaten/kota, peninjau dari seluruh provinsi, seluruh relawan, seluruh panitia, seluruh hakim dan semua yang terkait dengan penyelenggaraan ini wajib mengikuti vaksinasi dan q-arcode aplikasi pedulilindungi dan disiapkan di masing-masing venue,” pintanya.

Sementara kepada seluruh warga Pamekasan, pihaknya juga mohon memberikan doa memberikan support agar pelaksanaan ini berjalan dengan baik. Kepada Pak Bupati dan seluruh timnya tentu Pemprov menyampaikan Terima kasih karena ini agenda provinsi maka kami bersama-sama InsyaAllah fully support untuk menyukseskan kelancaran dari MTQ yang ke-29.

“Dengan memohon ridho dan barokah Allah Subhanahu Wa Ta’ala maka dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim, Soft Launching MTQ yang ke 29 di Kabupaten Pamekasan pada tanggal 2 sampai 11 November, saya nyatakan dimulai. Mudah-mudahan semua diberi kelancaran,” pungkasnya.

Masih di tempat yang sama, Bupati Pamekasan Baadrut Taman juga menyampaikan, pada empat pesan untuk mensukseskan MTQ ke 29 di Pamekasan. Pertama, sukses pelaksanaan dan prestasinya, yang kedua sukses penerapan protokol kesehatan dan dipastikan peserta telah divaksinasi, serta panitia juga menyediakan QR pedulilindungi.id di setiap venue.

Ketiga yaitu sukses ekonominya. Dimana nanti setiap venue MTQ disediakan produk UMKM yang akan dijual di MTQ nanti yaitu batik tulis, kemudian makanan juga harapannya ekonomi tubuh saat perhelatan MTQ ditengah pandemi. Dan keempat yaitu sukses membangun amalan Quran yang bermanfaat bagi masyarakat di Pamekasan.

“Alhamdulillah mulai Rabu besok, kantor Camat, kantor dinas, hingga kantor Bupati akan membaca Al quran selama pelaksanaan MTQ selama 29 hari, dan juga di stopan lampu merah juga dinyanyikan mars MTQ 29, sehingga pelaksanaan berjalan sukses dan dirasakan semua elemen masyarakat. Dimana saat pembukaan nanti akan dibacakan khotmil Quran di 1.000 pondok di Pesantren, serta dibuka secara virtual juga,”pungkasnya. (tis)

Leave a reply