Peringati HSN 2021, Gubernur Khofifah Ajak Santri Perangi Kemiskinan

0
93


SabdaNews.com
– Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk pertama kali merayakan Hari Santri Nasional (HSN) dengan menggelar Upacara bendera di halaman gedung negara Grahadi Surabaya, Jumat (22/10/2021). Yang menarik, seluruh peserta upacara dan petugasnya adalah para Santri dari beberapa Pondok Pesantren di Jawa Timur.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dalam amanatnya, Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu mengajak para santri meniru keteladanan Nabi Muhammad SAW dengan menjadi santripreneur. Dan mendorong para santri untuk berjihad melawan kemiskinan.

“Saya menyampaikan kita harus jihad melawan kemiskinan. Jihad melawan kemiskinan untuk menjadikan kemiskinan itu masa lalu, masa depan ini adalah kesejahteraan,” ujar Khofifah Indar Parawansa.

Sebagaimana tema Hari Santri Nasional tahun 2021, Santri Siaga Jiwa dan Raga, Gubernur Khofifah meminta para santri untuk semangat meningkatkan kapasitas kualitas dan kemampuan manajerial dalam mendukung peningkatan perekonomian.

“Saya minta bahwa santri akan meningkatkan kapasitas kualitas dan mungkin manajerial skill-nya untuk menyiapkan ekonomi yang kuat didedikasikan untuk masyarakat, agama, bangsa, dan negara,” harap ketum PP Muslimat NU ini.

Tema yang diusung dalam HSN 2021 menurut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren. (pun)

Leave a reply