Komitmen Pada Petani, Gus Yani di Kecamatan Balongpanggang, Sapa Petani Dengan Tanaman TembakauNya

0
131

GRESIK, SabdaNews.com- Perhatian Pemerintah Kabupaten Gresik pada sektor pertanian semakin serius. Hal ini ditunjukan langsung oleh Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani melalaui kunjungan kerjanya yang bertema SAPA PETANI bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik Eko Hadi Prayitno. Saat ini dilakukan di Demplot Tanaman Tembakau Mojoroto Desa Balongpanggang, Rabo (22/9/2021).

Acara ini dihadiri Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani beserta rombongan dari Dinas Pertanian Ini, juga dihadiri oleh Forpincam Balongpanggang (Camat, Kapolsek, Danramil), Ketua AKD Balongpanggang Siswadi dan Kades, poktan se kecamatan Balongpanggang, serta undangan lainnya seperti Perwakilan dari Petrokimia Gresik, Perwakilan BNI Unit Balongpanggang, Direktor PT Bumi Sentosa Indonesia (PT BSI) Sudadi Wijaya.


Dalam sambutannya Bupati Gresik Gus Yani menyampaikan bahwa Gresik merupakan salah satu penyedia kebutuhan pangan di Jawa Timur bahkan Kabupaten Gresik mendapat Penghargaan peningkatan hasil panen Padi nomor 5 Se-Indonesia.

Selain itu Gus Yani juga menyampaikan langkah kongkrit agar dalam berinovasi ini bisa mencapai hasil yang diharapkan yakni mempersiapkan diri secara pribadi maupun kolektif diantaranya :

– Persiapan mulai dari penataan Administrasi mulai KTP sampai pada form 8.
– Perencanaan pertanian Balongpanggang harus terkonsep dan terencana secara bersama dan bisa dilakukan disemua desa dengan Manfaatkan fasilitas melalui PROGRAM MAKMUR meliputi (Bibit, vitamin tanaman, pupuk, dan hasil panen)

– Bangun Kebersamaan baik dari Dinas, Pemdes Dan petani itu sendiri (Poktan) serta semua pihak yang berkaitan dengan hal tersebut, (Mulai perencanaan tanam sampai pasca panen).

Bupati meminta agar Dinas Pertanian Kabupaten Gresik lebih fokus dalam memikirkan dan melakukan perencanaan yang mendukung agar terjaga stabilnya harga hasil panen, adanya terobosan alternatif sebagai inovasi pertanian agar kesejahteraan petani bisa meningkat.

“Dinas pertanian agar memfasilitasi petani untuk mendapatkan Bibit unggul, Penyediaan Pupuk sesuai kebutuhan agar tidak telat, merumuskan formulasi atau konsep agar harga bisa stabil saat panen,” harap Gus Bupati.

Sementara Kepala Desa Dapet Siswadi yang juga ketua AKD Kecamatan Balongpanggang Selain menyampaikan masalah pertanian, Ia juga berharap agar dalam penentuan status lahan Wilayah Balongpanggang jangan dipukul rata.

“sesuaikan dengan kebutuhan sehingga kemajuan Kecamatan Balongpanggang bisa berimbang, artinya jangan semua diplot sebagai lahan hijau saja,” harap Siswadi yang juga sekretaris AKD Kabupaten Gresik ini.

Selain itu Gus Yani juga mendapat curhatan tentang Peningkatan sdm petani melalui penyuluhan pertanian serta masalah kelangkaan pupuk, hama tanaman dan tidak stabilnya harga hasil panen. (Luck)

Leave a reply