Waspada, 35 Ribuan PMI Asal Jatim Dipulangkan Dari Luar Negeri

0
80

SabdaNews.com – Tidak kurang 35 ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur dipulangkan dari negara asal mereka bekerja. Hal ini menjadi beban berat Pemprov Jatim untuk memulihkan kemampuan PMI yang tersebar di kabupaten/kota se Jatim.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih menjelaskan bahwa PMI ini tersebar di beberapa kabupaten/kota. Seperti di Blitar, Madura, Tulungagung, Trenggalek, Lamongan, Gresik dan sejumlah kabupaten/kota lainnya.

“Persoalan ini sebenarnya juga menjadi beban pemerintah kabupaten maupun Pemkot. Jadi bukan hanya tanggungjawab provinsi saja,” terang politikus asal PKB

Politisi PKB Jatim ini menerangkan, PMI yang pulang bukan saja pekerja informal. Namun juga pekerja formal. “Tetapi yang banyak PMI yang berangkat ke luar negeri tidak menggunakan visa pekerja. Ini juga menjadi perhatian,” tegas Hikmah Bafaqih, Senin (13/9/2023)

Kendati demikian, untuk mempersiapkan PMI kembali bekerja ke luar negeri, lanjut Hikmah Bafaqih Pemprov Jatim harus mengcover anggaran. “Tidak malah dikurangi saat usulan PAK. Karena mereka butuh pelatihan dan disiapkan administrasinya, agar menjadi pekerja migran yang legal,” harap politikus asal Malang.

Terpisah, Kadisnaker Jatim, Himawan Estu Bagijo menyampaikan bahwa pemulangan PMI itu kebanyakan dikarenakan negara asal PMI bekerja terdampak pandemi Covid-19. Seperti Malaysia, Hongkong dan Timur Tengah.

“Mereka (PMI) terus bergelombang pulang dari negara asal bekerja,” jelas Himawan Estu Bagijo.

Meskipun pandemi belum juga usai, Himawan meyakini ada beberapa negara yang kembali membuka peluang Tenaga Kerja Indonesia. Seperti Jepang dan Hongkong.

“Karena itu mereka butuh pelatihan agar PMI yang diberangkatkan nanti benar-benar siap dan legal,” tambah Himawan. (Pun)

Leave a reply