PPSDS Jatim Optimis Harga Daging Sapi Aman hingga Lebaran

0
120

SabdaNews.com – Jelang datangnya bulan suci romadhan dan lebaran 1442 H yang bertepatan dengan pertengahan bulan April 2021 M harga daging sapi di Jatim diprediksi tetap aman dan stabil.

Kondisi ini, sangat bertolak belakang dengan kejadian di Jabotabek yang belakang ini terjadi mogok pedagang daging sapi atau tidak beraktifitas berjualan di Pasar-pasar tradisional.

Menurut ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar (PPSDS) Jatim Muthowif, para jagal atau pedagang yang ada di Jabotabek sangat tergantung pada sapi eks import dari Australia. Dampaknya, saat terjadi lonjakan harga sapi import mereka kesulitan pasokan.

Harga sapi bakalan import dari Australia, kata Muthowif saat ini naik kisaran Rp.56.000 /kg timbang hidup. Padahal sebelumnya hanya kisaran Rp.45.000 /kg timbang hidup.

Sebaliknya para jagal atau pedagang daging sapi di Jatim selama ini lebih banyak memilih sapi lokal daripada sapi eks import untuk bahan jualan daging sapi segar di pasar-pasar tradisional.

Dari sisi harga, kata Muthowif sapi lokal relatif stabil yakni dikisaran Rp45.000 hingga Rp46.000 /kg timbang hidup. “Saya menilai sapi siap potong di Jatim masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Jatim sendiri,” bebernya.

Diakui Muthowif, ada beberapa hal yang dilakukan para pedagang daging sapi di kota-kota besar di Jatim, seperti Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo dan Kota Malang, dalam rangka mencukupi daging sapi segar ke pasar-pasar tradisional.

“Para jagal tidak lagi tergantung pada sentra sapi kabupaten tertentu, seperti Kab. Probolingo, Malang dan Kediri, jagal sudah punya kemauan untuk membeli sapi siap potong di kabupaten yang lain, seperti Magetan, Blitar, dan Madiun,” ungkapnya.

Pada situasi pandemi Covid-19, lanjut Muthowif daya beli masyarakat khususnya terhadap daging segar juga menurun akibat kontraksi pendapatan masyarakat. Hal ini juga berdampak menurunnya jumlah sapi yang dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH).

“Makanya saya optimis sampai dengan bulan puasa romadhon dan lebaran mendatang, harga daging sapi di Jatim aman dan terkendali atau tidak akan terjadi gejolak harga pasar,” tegas Muthowif. (tis)

Leave a reply