DPRD Jatim Dukung Temuan 33 Batu Purbakala di Mojokerto Jadi Obyek Wisata Baru

0
84

SabdaNews.com – Anggota Komisi E DPRD Jatim asal Mojokerto, Suwandy Firdaus mendukung penuh temuan 33 batu purbakala di Komplek Pendopo Agung Trowulan Mojokerto menjadi situs wisata baru di Jatim khususnya di Kabupaten Mojokerto.


“Kami berharap pihak-pihak terkait misalnya Dinas Pariwisata Jatim bisa memaksimalkan temuan benda purbakala tersebut sebagai wahana wisata purbakala baru di Jatim. Tentunya juga berkoordinasi dulu dengan BPCB (Balai Pengelola Cagar Budaya) Jatim,” kata anggota Fraksi Partai NasDem DPRD Jatim saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (27/1/2021).


Suwandy mengakui di tengah pandemi Covid-19 kunjungan wisatawan berkurang drastis akibat adanya sejumlah pembatasan untuk menghindari penyebaran Covid-19 semakin meluas.


“Paling tidak dengan memaksimalkan situs wisata batu purbakala tersebut diharapkan dapat menggairahkan kembali wisata purbakala di Mojokerto, tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan bagi pengelola dan wisatawan,” harapnya.


Kehadirian temuan 33 batu purbakala tersebut bisa menjadi obyek sejarah bagi Indonesia terlebih bagi kalangan generasi muda untuk lebih mengenal kehidupan sejarah bangsa yang besar ini ketika era kerajaan maupun sebelum adanya kerajaan.


“Mudah-mudahan temuan batu-batu purbakala itu bisa jadi sarana edukasi bagi masyarakat tentang sejarah kehidupan  bangsa,” tambah Suwandy.
Sekedar diketahui, 33 batu itu merupakan hasil dari penggalian di area Pendopo Agung Trowulan. Pendopo itu nantinya akan dibangun museum. Batu purbakala  itu terdiri dari 5 buah Umpak, 1 batu Monilit dan 27 batu Candi. (tis)

Leave a reply