Achmad Iskandar ; Pengelolaan Tambang Fosfat di Madura Layak Dioptimalkan

0
108

– Untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat 

SabdaNews.com –  Keberadaan tambang Fosfat di Kabupaten Sumenep Madura diharapkan mampu menambah APBD daerah setempat dan bisa mengangkat perekonomian masyarakat di ujung Pulau  Madura.


“Dari kajian yang ada, saat ini ada sekitar 18 kecamatan yang berpotensi untuk pertambangan Fosfat. Kami menyambut baik keberadaan tambang fosfat di Sumenep Madura,” kata wakil ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (20/1/2021).


Politisi asli Sumenep ini menjelaskan bahwa fosfat memiliki banyak kegunaan dalam hal industri terutama sebagai bahan baku pupuk fosfor. “Banyak negara memanfaatkan fosfat sebagai bagian dari industri pertambangan. Sedangkan di Indonesia ini banyak kawasan potensial untuk pertambangan fosfat. Ini sebuah peluang untuk memberdayakan masyarakat Sumenep dengan adanya tambang Fosfat tersebut,” harap Iskandar.


Jika potensi fosfat di Sumenep Madura yang melimpah dan memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan ini digarap dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bisa dieksport ke luar negeri. 


”Perlu dikaji kualitasnya. Kalau dalam kajian tersebut sangat menjanjikan tentunya bisa ditawarkan ke negara lain yang wilayahnya membutuhkan fosfat,” dalih politisi asal Partai Demokrat.


Berdasarkan Badan Geologi Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim, Kabupaten Sumenep merupakan satu dari tiga kabupaten di Madura yang mempunyai sumber fosfat cukup besar. Kab Sumenep sekitar 827.500 m3, Kab Pamekasan sekitar 23.400 m3, dan Sampang sekitar 5.000.000 m3. (pun)

Leave a reply