Didistribusi Vaksin Sinovac ke Surabaya Raya Disesuaikan Kapasitas Cold Storage

0
59


SabdaNews.com – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mulai mendistribusikan  Vaksin Sinovac ke wilayah Surabaya Raya meliputi Surabaya, Sidoarjo dan Gresik untuk persiapan vaksinasi pada tahap awal di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur pada 14-15 Januari mendatang. 

Sekretaris Dinkes Jatim Hertanto menjelaskan bahwa pendistribusian vaksin Sinovac ke wilayah Surabaya Raya telah sesuai dengan arahan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada saat rapat bersama Plt Wali Kota Surabaya, Bupati Gresik dan Bupati Sidoarjo pada Selasa (12/1/2021) lalu.

Namun untuk menyesuaikan kapasitas Cold Storage di tiga daerah tersebut, maka vaksin Sinovac dikirim secara bertahap. “Alhamdulillah yang akan kita distribusikan hari ini jumlahnya dari alokasi Surabaya 33.420. Yang akan kita distribusikan 15.000 (vaksin),” kata Hertanto.


Kemudian untuk Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik, juga akan menerima kiriman vaksin Sinovac sesuai kapasitas penyimpanan yang tersedia. 


“Kabupaten Sidoarjo dari alokasi 8.717 yang akan kita distribusikan 4.000, lalu  Kabupaten Gresik dari alokasi 5.805 yang akan kita distribusikan 3.000,” terang Hertanto.


Sedangkan sisa vaksin akan segera disalurkan ketika ruang penyimpanan di tiga daerah tersebut, dapat menampung kembali vaksin Sinovac.


“Kemudian sisanya begitu nanti cold storagenya atau penyimpanan vaksinnya untuk tiga Kabupaten/Kota tersebut siap. Maka akan kami sesegera mungkin kami didistribusikan dalam waktu dekat,” tambahnya.


Sebagai upaya pengamanan, pendistribusian vaksin Sinovac akan dikawal aparat keamanan hingga sampai tempat vaksinasi.


Sedangkan pendistribusian vaksin untuk Kabupaten/Kota lain di Jatim, lanjut Hertanto, pihaknya masih menunggu instruksi lanjutan dari Kementerian Kesehatan. 


“Masih menunggu informasi dari Kementerian Kesehatan. Begitu cold storagenya mampu ya kita distribusikan,” pungkas Hertanto. (pum)

Leave a reply