Kepastian Ikut Vaksinasi Covid-19, Wagub Emil Tunggu Hasil Screening

0
77


SabdaNews.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mengaku masih harus melihat dulu kondisinya apakah prima atau tidak untuk mengikuti vaksinasi. Menurutnya ia telah melakukan screening untuk memastikan dalam  kondisi prima.


“Jadi sudah ada pengambilan darah dan sampel-sampel lainnya, untuk bisa mengikuti vaksinasi. Kita tunggu saja hasilnya,” kata Emil Elistianto Dardak, saat dikonfirmasi, Selasa (12/1/2021). 

Mantan Bupati Trenggalek ini mengatakan pada tahap awal daerah yang menjadi priorita vaksinasi adalah Surabaya Raya, yakni Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Ini juga berdasarkan jumlah tenaga kesehatan yang banyak. 


“Tapi sudah ada SK dari Dirjen yang menetapkan alokasi untuk 38 Kabupaten/Kota. Ini menjadi rujukan kita untuk mobilisasi vaksin dari ruang penyimpanan,” beber Emil Dardak.


Saat ditanya pertumbuhan ekonomi di Jatim,  Emil menjelaskan bahwa  berdasarkan kuartal ketiga tahun 2020, ekonomi Jatim tumbuh diatas rata-rata nasional. Ini terlihat dari sektor pariwisata maupun industri makanan dan minuman. 


“Ini pertanda yang baik, tapi kita harus sadar bahwa saat ini kita harus mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19,” tuturnya. 

Suami Arumi Bachsin ini mengaku tidak bisa memungkiri kemungkinan adanya dampak pandemi Covid-19. Menurut Emil  saat ini langkah-langkah untuk mengelola risiko seperti ketersediaan masker, handsanitizer, dan fasilitas sarana testing sudah jauh memadai dari sebelumnya. 


“Tentu ini akan membantu meredam kontraksi yang lebih dalam dari sektor tersebut,” pungkas pria yang juga Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini. (pun)

Leave a reply