BF Sutadi Apresiasi Kinerja DPD Partai Gerindra Jatim Hadapi Pilkada Serentak 2020

0
155


SabdaNews.com – DPC Partai Gerindra Kota  Surabaya siap mendukung segala keputusan DPP terkait suksesi kepemimpinan di DPD Partai Gerindra Jawa Timur. Gerindra Kota Surabaya juga mengapresiasi kepengurusan Gerindra Jawa Timur di bawah kepemimpinan Plt Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad saat ini. 


Ketua DPC Partai Gerindra Kota Surabaya, BF Sutadi menyebut Partai Gerindra Jawa Timur sejak dipimpin Almarhum Soepriyatno bersifat terbuka. Segala keputusan strategis partai disampaikan melalui musyawarah mufakat dan mau  mendengar semua masukan. Termasuk, rekomendasi partai di Pilkada serentak 2020 lalu.

 
“Almarhum Pak Soepriyatno merupakan figur pemimpin pengayom,” kata Sutadi saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (8/1/2021). 


“Untuk mengusung calon (Wali Kota Surabaya), kami diajak berdiskusi. Pun begitu rekomendasi diberi, kami juga dipantau dan diberikan arahan,” lanjut mantan birokrat Pemkot Surabaya ini. 


Sepeninggal Almarhum Soepriyatno, kepemimpinan DPD Partai Gerindra Jawa Timur lantas dilanjutkan Anwar Sadad. Sutadi menyebut Sadad juga sukses membawa gerbong Partai Gerindra Jatim masih berjalan “di atas rel”.


Padahal di waktu bersamaan mereka dihadapkan dalam hajatan besar, Pilkada serentak. Di Jawa Timur, ada 19 daerah yang melaksanakan pilkada, termasuk Kota Surabaya yang melakukan pemungutan suara pada 9 Desember lalu. 


Partai Gerindra mengemas kemenangan di 13 kabupaten/kota dan mengantarkan salah satu kadernya ikut terpilih. Menurut Sutadi, Anwar Sadad ikut berperan besar dalam kesuksesan tersebut. 


“Selama menjadi Plt, beliau hadir dan bertemu calon serta para calon pemilih. Di Surabaya, kami bersama Pak Sadad juga ikut dalam sejumlah kampanye Pak Machfud Arifin dan Mujiaman (pasangan calon kepala daerah di Surabaya),” ungkap Sutadi. 


“Pak Sadad juga berkenan memberikan orasi politik sekaligus arahan. Kami kira, bukan hanya di Surabaya namun juga untuk kabupaten/kota lain di Jawa Timur,” imbuhnya.


Sutadi mengenal Anwar Sadad sebagai politisi senior yang kenyang pengamalan. “Pak Anwar Sadad berpengalaman di DPRD maupun di partai. Beliau itu juga tokoh Nahdliyin yang mumpuni,” tegasnya. 


Di singgung soal Ketua DPD Partai Gerindra Jatim ke depan, Sutadi menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Memilih Ketua DPD maupun DPC di kabupaten/kota menjadi hak prerogatif Pak Prabowo yang juga Ketua Dewan Pembina. 


“Dalam AD/ART, pemilihan Ketua menjadi kewenangan DPP. Sampai hari ini, kami patuhi siapapun yang akan diberikan amanah memimpin DPD Partai Gerindra Jatim,” tegas BF Sutadi. 


Bagi DPC, DPP telah memiliki mekanisme terbaik dalam menentukan Ketua partai di sebuah daerah. “Tugas kami bekerja keras dan tidak asal teriak apalagi hanya untuk internal yang tak menguntungkan masyarakat,” jelas ketua DPC Partai Gerindra Kota Surabaya. 


“Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Kami terus mengingatkan anggota kami, khususnya yang ada di legislatif untuk terus mematuhi protokol kesehatan, memberikan edukasi, dan memberikan contoh kepada masyarakat,” tambahnya.


Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sedang menyiapkan nama Ketua Definitif DPD Partai Gerindra Jawa Timur. Sejumlah kriteria Ketua DPD harus bisa dipenuhi oleh para kandidat. 


“Memang, DPP yang akan memproses Ketua definitif. Tentu, akan ada jalurnya (mekanismenya),” kata Ketua Dewan Eksekutif Majelis Kehormatan Partai DPP Gerindra, Habiburokhman beberapa waktu lalu. 


Untuk diketahui, posisi Ketua Definitif Gerindra Jatim saat ini tengah kosong. Sebab, Mantan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Soepriyatno meninggal dunia pada Jumat (9/10/2020) di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta. Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Almarhum Soepriyatno, Prabowo telah menunjuk sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad sebagai Plt Ketua DPD Gerindra Jatim.

Di bawah kepemimpinan Sadad, Gerindra sukses mengemas kemenangan di 13 daerah dari 19 daerah yang melaksanakan Pilkada di Jatim pada 2020 lalu. (pun)

Leave a reply