Peduli Perempuan dan Bermental Petarung, Hadi Dediansyah Dinilai Layak Pimpin Partai Gerindra Jatim

0
75


SabdaNews.com – Satu persatu dukungan terhadap nama-nama kandidat Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur mulai bermunculan. Diantaranya datang dari kader perempuan yang berharap Hadi Dediyansyah yang saat ini menjabat Wakil ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur  mendapat restu DPP memimpin Partai Gerindra di Jawa Timur ke depan. 


Hal ini disampaikan Pengurus DPD Partai Gerindra Jatim, Handari Yektiwi Alchoseh. Perempuan yang juga menjabat Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim ini mendasarkan pada evaluasi hasil pemilu 2019 lalu. 


“Saat ini, perlu adanya penyegaran di pucuk pimpinan Partai Gerindra Jatim,” kata perempuan yang akrab disapa Hans ini saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (7/1/2021). 


Handari menyebut, dalam kepengurusan DPD Partai Gerindra Jatim saat ini, kader perempuan kurang mendapat perhatian.  Indikatornya, belum adanya anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim dari unsur perempuan dalam periode saat ini. 


Berbeda halnya dengan periode 2014-2019 yang masih menempatkan satu orang perempuan diantara anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim. Ia tidak menampik berdasarkan hasil pemilu 2019 jumlah kursi Fraksi Partai Gerindra meningkat dari 13 kursi pada periode sebelumnya menjadi 15 kursi.


“Tanpa adanya kursi perempuan, kenaikan kursi Fraksi Partai Gerindra sebenarnya tak berarti,” dalih perempuan yang juga aktif sebagai pemerhati perlindungan perempuan dan anak ini. 


Dari asumsi tersebut, Handari menyebut sosok Hadi Dediyansyah yang kini menjabat Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim sebagai figur yang punya kepedulian tinggi terhadap perempuan. Hadi dikenal mendukung pencalonan para kader perempuan di pemilihan legislatif lalu. 


“Pak Hadi mendorong para kader perempuan menempati posisi nomor urut atas. Termasuk kami,” beber mantan Caleg Partai Gerindra dari dapil Jatim VI (Malang Raya) nomor urut 2 ini. 
Hadi Dediansyah juga dikenal dekat dengan para kader perempuan dalam memberikan pendidikan politik.

“Kami seharusnya dibekali startegi. Kami banyak belajar dari Pak Hadi,” jelas Handari. 


Di bawah kepemimpinan Pak Hadi, pihaknya juga optimis Partai Gerindra Jatim dapat meraih sejumlah target tinggi. Pasalnya politisi berpenampilan kalem ini dikenal sebagai sosok petarung.

“Partai Gerindra butuh petarung di Jawa Timur. Pak Hadi adalah contohnya,” kata Handari. 
“Beliau berhasil menjadi Anggota DPRD Jatim dari dapil sulit, Jatim 1 (Surabaya). Ini sebuah bukti bahwa Beliau adalah petarung, ahli strategi, sekaligus pengayom,” imbuhnya. 


Kendati demikian, pihaknya mengakui bahwa hak prerogatif memilih Ketua defenitif DPD Partai Gerindra Jatim ada di tangan Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Pak Prabowo Subianto. Dengan harapan tersebut, pihaknya berharap DPP bisa mendengar. 


“Kami mendengar kalau Pak Hadi masuk dalam kriteria Ketua oleh DPP. Makanya kami siap mendukung,” dalih perempuan berjilbab ini. 


Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sedang menyiapkan nama Ketua Definitif DPD Partai Gerindra Jawa Timur. Sejumlah kriteria Ketua DPD harus bisa dipenuhi oleh para kandidat. 


“Memang, DPP yang akan memproses Ketua definitif. Tentu, akan ada jalurnya (mekanismenya),” kata Ketua Dewan Eksekutif Majelis Kehormatan Partai DPP Gerindra, Habiburokhman beberapa hari lalu. 


Sekedar diketahui, posisi Ketua Definitif DPD Partai Gerindra Jatim saat ini tengah kosong. Pasalnya, mantan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Soepriyatno meninggal dunia pada Jumat (9/10/2020) silam di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta. 


Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Almarhum Soepriyatno, Prabowo telah menunjuk Anwar Sadad sebagai Plt Ketua DPD Gerindra Jatim yang sebelumnya menempati sekretaris DPD. 


Di bawah kepemimpinan Gus Sadad, Partai Gerindra Jatim sukses mengemas kemenangan di 13 daerah dari 19 kabupaten/kota di Jatim yang menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020. (pun)

Leave a reply