Pengusaha Diminta Merangkul Makanan, Minuman Dan hasil Pertanian Lokal

0
167

GRESIK, SabdaNews.com- DPRD Gresik meminta perusahaan pengolahan makanan dan minuman memberdayakan hasil pertanian waga Gresik. Dengan begitu perekonomian warga akan meningkat.

Ketua DPRD Gresik Muh Abdul Qodir mencontohkan, di Kecamatan Ujungpangkah ada dua desa penghasil jeruk nipis. Yakni Desa Bolo dan Desa Kebonagung. Warga di dua desa tersebut mayoritas penghasil jeruk nipis.

“Nah, hasil pertanian jeruk nipis milik warga lokal kalau bisa masuk perusahaan akan sangat bermanfaat bagi warga. Ada sinergitas antara petani lokal dengan perusahaan yang beridiri di Gresik,” kata Qodir, Jumat (16/10/2020).

Qodir melanjutkan, jika hasil pertanian warga bisa masuk perusahaan, otomatis perekonomian warga juga akan meningkat. Para petani minimal memiliki pasar pasti dengan harga stabil saat musim panen tiba.

“Jadi, tidak perlu lagi jualnya melalui tengkulak yang harga jualnya lebih murah,” paparnya.

Qodir optimis, jika sinergi antara petani lokal dan perusahaan tercapai, ekonom para petani juga akan terangkat. Menurut dia, baik perusahaan maupun petani sama-sama diuntungkan.

“Bahkan, bukan hanya dari sektor pertanian. Di sektor lainnya seperti perikanan atau pun peternakan juga bisa disinergikan. Intinya jangan sampai ada yang dirugikan satu sama lain,” tutup dia. (lim)

Leave a reply