Rayakan Idul Kurban Partai Golkar Jatim Potong 10 Ekor Sapi 

0
34

– 1 Ekor Sapi sumbangan dari Gubernur Khofifah

SabdaNews.com – Pada perayaan Idul Adha 1441 H (2020 M) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Jawa Timur memotong 10 ekor Sapi. Dari jumlah tersebut satu diantaranya adalah hewan kurban dari Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa.

Secara simbolis hewan korban tersebut diserahkan dari Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Timur M. Sarmuji kepada ketua panitia KH. Muhammad Mu’afi Zaini (Gus Mamak), Wakil Ketua bidang Kerohanian DPD Partai Golkar Jawa Timur, di kantor DPD Partai Golkar Jawa Timur Jalan Ahmad Yani Surabaya, Sabtu (1/8/2020) lalu.

“Kesepuluh ekor sapi yang mulai kemarin dipotong itu adalah sebagian kecil saja. Kami sudah menerima laporan dari semua anggota dewan baik DPR RI maupun DPRD provinsi jumlah keseluruhan 115 ekor sapi. Ini belum termasuk sapi dan kambing dari DPD Partai Golkar Kabupaten/kota di Jawa Timur,” kata M. Sarmuji.

Ia mencontohkan, Pak Misbakhun (H.Mukhammad Misbakhun, anggota DPRI dari Dapil Jawa Timur ll yang meliputi Kabupaten/Kota Pasuruan dan Kabupaten/kota Probolinggo adalah paling banyak yaitu 25 ekor sapi yang dibagi di Dapilnya.

“Saya sangat gembira teman-teman angota DPR RI Dapil Provinsi Jawa Timur perhatiannya sangat besar, juga anggota DPRD Provinsi,” tutur Sarmuji.

Sementara itu, Ketua panitia KH. Muhammad Mu’afi Zaini (Gus Mamak) mengatakan bahwa ke 10 ekor sapi yang diterima DPD Partai Golkar Jawa Timur itu diantaranya dari Ketua Sarmuji, Sekretaris sekaligus Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak.

Lalu Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jawa Timur Kodrat Sunyoto, bendahara DPD sekaligus anggota DPRD Provinsi Dapil Surabaya Blegur Prijanggono, anggota DPR RI Adies Kadir dan anggota DPR RI Dapil X Dyah Roro Esti dan atas nama Fraksi Partai Golkar DPRD Jawa Timur.

Hanya saja, tahun ini pelaksanaan pemotongan hewan kurban berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Dulu semua hewan kurban dipotong di DPD, sedangkan tahun ini dibawa ke rumah potong hewan (RPH). Setelah itu baru dibagikan kepada masyarakat,” jelas Gus Mamak.

Jadi, daging itu begitu keluar dari rumah potong hewan sudah dalam bentuk bungkusan. Ini memudahkan panitia. Disisi lain, juga menghindari terjadinya kerumunan massa. Dalam situasi Pandemi Corona ini, Golkar Jawa Timur tetap mengdepankan anjuran pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan.

Lebih jauh politisi asal Dapil Madura ini menjelaskan Partai Golkar mengerahkan semua kadernya untuk membagi daging kurban tersebut dengan sistem door to door.

Selain dibagi kepada msyarakat umum, daging hewan kurban juga dibagikan kepada 36 lembaga seperti Yayasan Panti Asuhan, Ponpes dan lembaga keagamaan serpeti PW Muhammadiyah dan LDII JawaTimur. “Ya Alhamdulillah, pelaksanaan Idul Kurban 1441 H kali ini , meski dalam suasana Covid-19, berjalan lancar. (tis)

Leave a reply