Memperebutkan Lumbung Suara Nahdliyin di Pilkada Gresik 2020″

0
176

Oleh  :  Mas’ud Hakim,M.Si Ketua LSM PiAR

Teka-teki turunnya surat rekom sebagai syarat pencalonan Bupati dan Wk Bupati di pilkada serentak di kab gresik sudah terjawab,jumpa pers di kantor DPC PKB Kab Gresik kemarin menyampaikan Keputusan Surat Rekomendasi dari DPP PKB menjatuhkan pilihan kepada pasangan Dr. Moh.Qosim dan dr.Alif sebagai Calon Bupati dan Wk.Bupati dalam pilkada nanti.

Ini merupakan angin segar bagi pendukung calon yang selama ini berseteru,saling klaim atas surat rekom ini akan diberikan kepada siapa,karena dalam internal PKB ada dua calon kandidat yang muncul yaitu Dr.Qosim dan Gus Yani yang sama-sama kader PKB,kedua-duanya juga sama-sama memiliki pendukung dari internal PKB.

Kubu Qosim-Alif tinggal menggerakkan mesin politiknya untuk konsolidasi seperti yang di amanatkan dalam surat rekomendasi bahwa seluruh jajaran pengurus PKB mulai tingkat Cabang,Kecamatan sampai Desa/Kelurahan segera merapatkan barisan untuk memenangkan pasangan Qosim-Alif.

Beda dengan kubu Gus Yani yang masih berjuang keras untuk memperoleh surat rekom diluar PKB,butuh perjuangan ekstra untuk memperoleh dukungan politik dari partai PDI,Golkar,Demokrat,Nasdem,PPP dan PAN yang selama siap untuk mengusung Gus Yani-Ning Min,tapi itu semua masih tergantung keputusan dari masing-masing DPP Partai untuk keluarkan surat rekom.

Jika Partai PDI,Golkar,Nasdem,Demokrat,PPP dan PAN benar-benar tepati janji berikan surat rekom kepada Gus Yani-Ning Min,berarti ada dua pasangan calon yang bertarung dalam pilkada gresik nanti.Pertanyaannya, berlabuh dimanakah suara kaum nahdliyin dalam pilkada gresik nanti ?

Jika benar terjadi dua pasangan calon yang bertarung,tidak bisa dipungkiri perhelatan pilkada nanti akan berlangsung ketat karena masing-masing pasangan calon dari kader PKB dan juga dari Nahdliyin.

PKB memenangkan pemilu 2019 di gresik dengan perolehan 13 kursi di parlemen,ini menunjukan bahwa kaum nahdliyin masih jadi lumbung suara dalam setiap pemilu.Siapakah yang berhasil meraih simpati dari kelompok nahdliyin dalam pilkada gresik nanti ? kita ikuti perkembangan politik berikutnya,karena kita masih menunggu sikap politik dari masing-masing partai untuk berikan surat rekom  terhadap pasangan Gus Yani-Ning Min,hanya Allah lah yang mengetahui. ( Devisi Hukum- SabdaNews.com)

Leave a reply