Darurat Covid-19, FPD DPRD Jatim Inisiasi Relokasi Anggaran Bencana di Jatim

0
92

SabdaNews.com – Untuk menindaklanjuti Instruksi Ketum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim menginisiasi untuk relokasi anggaran bencana di Jatim ditambah untuk penanganan virus corona disease (Covid-19) di Jatim.

“Masalah Covid-19 semakin hari semakin memprihatinkan. Oleh sebab itu, kami akan inisiasi untuk mengusulkan melakukan relokasi anggara bencana di Jatim untuk anggaran penanganan virus corona di Jatim. Apa yang akan kami lakukan ini juga sudah sesuai dengan instruksi dari ketum Partai Demokrat AHY. Untuk besarannya nanti akan dilakukan pembahasannya ,” kata ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim, Sri Subianti Rabu (25/3/2020).

Menurut politisi asal Pacitan, relokasi anggaran untuk bencana non alam tersebut, diharapkan mampu menanggulangi sebaran Covid-19 di Jatim. “Kami dukung apapun yang dilakukan Pemprov agar virus corona bisa diatasi di Jatim dan jumlah pasien tidak bertambah banyak,” harap Sri Subiati.

Senada, penasehat Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim, Achmad Iskandar menjelaskan bahwa saat ini DPRD Jatim telah menyetujui penggunaan dana kedaruratan untuk penanganan Covid-19 di Jatim. Bahkan jika anggaran itu dinilai tidak mencukupi, maka pihaknya siap mempercepat pembahasan Perubahan APBD yang seharusnya baru dibahas sekitar Juni mendatang.

“Kalau untu kepentingan darurat, dewan setuju dengan langkah gubernur, karena eksekusinya memang langsung gubernur. Sepanjang ada dana cadangan silahkan digunakan. Tapi kalau tidak ada dana cadangan ya kita gunakan anggaran mendahului P-APBD kenapa tidak,” tegas politisi asal Madura.

Sayangnya, pihaknya tidak hapal rincian dana kedaruratan. Pastinya anggaran tersebut sudah bisa dikeluarkan mengingat sudah adanya penetapan status darurat oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (tis)

Leave a reply